Ratusan ASN di lingkup Pemkab Maluku Barat Daya bersama keluarga, mendapat pemeriksaan kesehatan secara gratis oleh tim medis.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan diantaranya golongan darah dari PMI MBD, pemeriksaan asam urat, gula darah, kolesterol dan tekanan darah tinggi serta pemeriksaan umum dan kejiwaan yang dilayani tim medis Puskesmas Non Rawat Inap Tiakur.

Pembina Dharma Wanita Persatuan Unit Pelaksana Diskominfostaper, Weruhair AA Petrusz menjelaskan mengaku kegiatan ini digagas oleh dinas yang dipimpinya.

“Jadi kegiatan ini akan rutin dilaksanakan setiap bulan guna memberikan pelayanan bagi ASN terutama bagi PNS dan tenaga kontrak berserta keluarganya,” terang Petrusz.

Ia mengatakan, kesehatan menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung kinerja ASN.

Baca Juga: Dinas PK Disentil soal Pemerataan Guru 

“Coba bayangkan saja, kalau aparat di kantor ini sakit-sakitan dan tidak mendapat perhatian serius, bisa berakibat fatal, bahkan pekerjaan dan pelayanan publik bisa terbengkalai begitu saja,” terangnya.

Pekerjaan yang dilakukan oleh seorang aparatur negara harus juga memikirkan kesehatan. Kerena ketika sakit biayanya jauh lebih besar.

Untuk itu ia mengimbau agar setiap ASN dan keluarga untuk tetap menjaga kesehatan, pola makan, punya waktu berolahraga, waktu istirahat serta menjaga kebersihan lingkungan.

“Semua itu menjadi tanggung jawab masing-masing orang,” ujarnya.

Dari pelaksanaan kegiatan hari ini, menurutnya diketahui ada ASN yang kurang sehat, sehingga langsung diberikan obat oleh tim medis.

“Ada yang asam urat, gula darah, kolesterol hingga tekanan darahnya tidak normal dan perlu dilakukan terapi atau pengobatan,” ucapnya.

Ia berharap, kegiatan ini men­-dapat respon yang positif dari ASN dan keluarganya sehingga semuanya ada dalam keber­samaan, semangat dan sehat menjalankan aktifitas pelayanan publik dengan baik. (S-09)