AMBON, Siwalimanews – Sebentar lagi semua umat Islam seluruh dunia termasuk di Maluku, khususnya Kota Ambon merayakan bulan suci Ramadan 1444 Hijriah.

Berpuasa pada saat bulan Ramadan merupakan sebuah kewajiban setiap bagi umat islam dan bagi yang tidak melaksanakan maka hukumnya adalah berdosa.

“Jadi momentum Ramadan hendaknya menjadi ajang pererat tali silaturahmi persaudaraan umat beragama, introspeksi disi, membangun hubungan yang baik dengan sesama,” kata Anggota DPRD Maluku Rovik Afifudin kepada Siwalima, Senin (28/3).

Sekretaris Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Maluku juga mengaku sejauh ini toleransi umat beragama di Maluku berjalan dengan baik.
Olehnya itu dirinya yakin masyarakat yang beragama lain pasti akan menghormati umat Islam yang sedang beribadah.

“Toleransi antar umat beragama kita sangat kuat dan itu menjadi modal kita saling menjaga persaudaraan dan menghormati saudara kita yang akan melaksanakan ibadah puasa nanti,” ujar Afifudin.
Banyak hal juga menurutnya dapat dipetik dari momen Ramadan bagi umat Islam seperti memperbanyak berdoa, membekali diri dengan membaca Al-Quran, memperbanyak memberi kepada sesama dan banyak hal lain yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Bencana Banjir Diharapkan Tertangani Secara Terpadu

“Jadi banyak hal yang bisa kita perbuat selama Ramadan hingga panggilan menjemput kemenangan di hari kemenangan yakni Idul Fitri,” ungkapnya.

Dirinya berharap selama merayakan ibadah puasa nanti, masyarakat yang beragama lain bisa ikut menjaga keamanan, ketertiban dan ketentraman umum di lingkungan masing-masing.

“Sebagai wakil rakyat, saya berharap masyarakat Maluku khususnya Kota Ambon tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama ibadah puasa dilaksanakan,” ucapnya. (S-09)