AMBON, Siwalimanews – Rumah Sakit Bhayangkara Ambon mendapat penghargaan sebagai Fasilitas Kesehatan terbaik dari BPJS Kesehatan di Indonesia Timur. Torehan positif ini mendapat apresiasi dari Ombudsmen Perwakilan Provinsi Maluku.

Penghargaan yang diterima RS Bhayangkara Ambon dari BPJS Kesehatan yaitu sebagai Faskes terbaik yang berkomitmen dalam pelayanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Menurut Ombudsmen, penghargaan yang diterima tersebut menunjukan RS Bhayangkara telah melaksanakan pelayanan dan pemenuhan hak atas kesehatan bagi masyarakat.

“Kami memberikan apresiasi dan menyampaikan selamat kepada RS Bhayangkara Ambon yang telah meraih penghargaan Faskes terbaik dari BPJS Kesehatan,” ucap Ketua Ombudsmen Perwakilan Maluku, Hasan Slamat kepada wartawan di Ambon, Selasa (25/10).

Slamat menilai, komitmen RS Bhayangkara Ambon dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya peserta JKN KIS, patut diapresiasi dan ditiru oleh faskes-faskes lainnya.

Baca Juga: Kolatlena Kecam Birokrasi Pemprov Maluku

“Semoga prestasi ini lebih ditingkatkan dengan penyediaan infrastruktur kesehatan yang memadai dan terbaik, agar pengguna layanan terlayani secara baik,” harapnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon HS Rumondang Pakpahan menyebutkan, RS Bhayangkara Ambon mendapat pengharagaan dari BPJS Kesehatan setelah memenuhi tiga indikator.

Indikator pertama yaitu komitmen RS Bhayangkara terhadap kualitas pelayanan kepada Peserta JKN dalam pelaksanaan kerja sama.

Komitmen RS terhadap kualitas pelayanan meliputi penilaian updating display tempat tidur. Updating ini memudahkan peserta dalam mengakses dan mengontrol ketersediaan tempat tidur, sehingga peserta bisa mengetahui berapa tempat tidur yang tersedia jika harus dirawat.

Penilaian lainnya yaitu display tindakan operasi yang terhubung dengan mobile JKN dan sistem antrean RS yang terhubung dengan mobile JKN. Ini sangat memudahkan dan memberikan kepastian kepada peserta.

Peserta juga dapat mengambil nomor antrian dari rumah, kapan ke rumah sakit dan mendapatkan kepastian antrean. Juga bisa mengetahui antrean yang sedang dilayani, serta sisa antrean, hanya melalui telepon seluler.

Komitmen lainnya yang dinilai yaitu mengenai tindak lanjut dan penyelesaian keluhan peserta terkait layanan kesehatan di FKRTL (Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan). Dan berdasarkan survey pemahaman regulasi JKN, tingkat kepuasan peserta di FKRTL, dan capaian rekrutmen peserta PRB Profiling Rumah Sakit.

Indikator kedua, yaitu terkait ketersediaan jumlah tempat tidur rawat inap. Dan indikator ketiga yakni pengelolaan klaim kualitas pengajuan klaim RS sampai dengan beban Juli (Mengacu pada PKS bahwa pengajuan klaim reguler adalah satu bulan pelayanan penuh atau minimal 75% dari jumlah SEP terbit).

RS Bhayangakara Ambon terpilih sebagai Faskes terbaik di Indonesia Timur setelah melalui sejumlah tahapan penilaian. Penilaian pertama dimulai dari BPJS Kesehatan cabang Ambon. Selanjutnya diajukan ke kedeputian wilayah (Indonesia Timur) meliputi Sulawesi Selatan, Sulawessi Barat, Sulawessi Tenggara dan Maluku.

Setelah dinilai wilayah kedeputian, selanjutnya dikirim ke kantor pusat BPJS Kesehatan. Dan akhirnya RS Bhayangkara Ambon terpilih sebagai Faskes terbaik yang berkomitmen dalam pelayanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di wilayah Indonesia Timur.

Untuk diketahui, penghargaan dan apresiasi yang diterima RS milik Polda Maluku itu disampaikan dalam Pertemuan Nasional Faskes BPJS, yang diselenggarakan pada Rabu (19/10) kemarin.(S-10)