AMBON, Siwalima – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena mengajak warga kota untuk meneledani sifat dan kepribadian Nabi Muhammad SAW.

Ajakan tersebut disampaikan walikota dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW  1444 H/2022 yang digelar Pemkot Ambon bersama Kanwil Kementerian Agama Maluku di Gedung Ashari, Senin (24/10).

Selain itu, walikota juga berharap, setiap memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, mestinya membawa umat pada perenungan, untuk bagaimana melakukan segala tindakan, perbuatan, perilaku, perkataan, yang meneladani Nabi Muhammad SAW.

“Nabi Muhammad selalu berperilaku jujur, dan kita harus menjadi orang-orang yang jujur dan penyayang,” ucap walikota.

Walikota mengaku, pemkot akan memfasilitasi semua kegiatan umat beragama, dan itu penting, sebab pemkot saat ini sementara berupaya menyeimbangkan pembangunan, bukan hanya fisik, tetapi juga pembangunan mental spiritualitas.

Baca Juga: Komplotan Pencuri Spare Part Ditangkap Polisi

“Yang paling penting itu membangun mental spiritual umat, supaya bersama-sama kita jaga kota ini. Orang yang mau beri kepada kota ini, mestinya orang yang beriman dan bertakwa, kalau tidak, percuma. Dia hanya memperhatikan dirinya sendiri, mencari keuntungan di kota ini, tapi kalau orang yang beriman, yang bertakwa, dia cari untung iya, tetapi dia juga punya tanggung jawab sosial untuk membangun kota ini,” ujar walikota.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Maluku H Yamin menjelaskan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini dapat meningkatkan kualitas keimanan dan jiwa loyalitaas umat selaku warga kota, kepada Allah SWT.

Untuk itu, di bulan Rabiul awal ini, ia mengajak umat untuk meningkatkan kualitas keimanan, sebab kegiatan ini merupakan wahana bagi kaum Muslim untuk lebih menggali dan meneladani sifat-sifat dan kepribadian serta perjalanan hidup Rasulullah SAW, yang mana sifat-sifat itu memiliki nilai yang tinggi.

“Sesungguhnya, telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik. Melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, kita jadikan sebagai momentum untuk mengokohkan aqidah, meningkatkan ukhuwah, ketakwaan serta meneladani sifat dan akhlak yang dicontohkan Baginda Rasulullah SAW, yang mana kita harus meyakinkan dengan tulus dan ikhlas untuk melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya, melalui Nabi Muhammad SAW, baik perkataan perbuatan maupun sikap,” jelasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H/2022 ini, diprakarsai oleh Kanwil Kemenag Maluku, yang disambut positif oleh Pemkot Ambon dan diharapkan, melalui sinergitas bersama, kegiatan ini akan terus berlanjut. (S-25)