PIRU, Siwalimanews – Pasca banjir yang melanda Dusun Laala, Desa Lokki, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Dinas Kesehatan SBB melalui  Puksemas Tanah Goyong mendirikan posko kesehatan, guna melayani ratusan kepala keluarga yang terdampak banjir.

“Posko kesehatan untuk bencana banjir Laala yang kami bangun ini akan melayani masyarakat yang terdampak bencana banjir sampai 10 hari kedepan,” ungkap Kepala Puskesmas Tanah Goyong  Irmawan Marinda kepada wartawan, di Dusun Laala, Sabtu (11/2).

Menurutnya, dengan adanya posko kesehatan ini, maka sebagai tim kesehatan Puskesmas Tanah Goyang akan melaksanakan tugas dan tangung jawab untuk tanggap bencana kepada warga yang terdampak banjir.

 

Tanggap bencana ini dilakukan dengan cara memeriksa kesehatan dan memberikan pengobatan bagi warga Dusun Laala, terutama kepada anak-anak, balita, dan para lansia.

Baca Juga: Hehanusa Minta BPBD SBB Beri Perhatian ke Warga Terdampak Banjir

“Tindakan pelayan kesehatan yang dilakukan tersebut dapat membantu mencegah  masyarakat dari penyakit kulit, seperti gatal-gatal, diare dan lainnya akibat berada di lokasi becek,” ucapnya.

Posko kesehatan ini tambah Marinda, merupakan  bagian dari upaya pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana sekaligus mencegah serta mengendalikan penyakit.(S-18)