AMBON, Siwalimanews – Kepala Perwakilan BPK Maluku Herry Poerwanto berjanji akan mendorong semua pemda kabupaten dan kota di Maluku agar laporan keuangan daerahnya dapat meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Untuk lapaoran keuangan daerah di Maluku ini, sudah tak ada discllaimer lagi, namun masih ada enam daerah yang raih opini wajar dengan pengecualian (WDP), sementara lima daerah ditambah dengan Pemprov Maluku sudah raih WTP,” ucap Poerwanto kepada wartawan usai acara serahterima jabatan Kepala BPK Maluku di Swissbell Hotel, Senin (27/9).

BPK Maluku kata Poerwanto, akan mendorong pemda kabupaten dan kota yang masih mereaih WDP untuk dapat meraih WTP, seperti daerah-daerah lain di Indonesia.

Untuk meningkatkan WDP ke WTP, BPK hanya bisa mendorong dengan cara ditindaklanjuti, apakah laporan keuangan daerahnya sesuai dengan standar atau tidak, apakah laporan keuangan itu sesuai dengan pengendalian internal atau tidak dan kepatuhan terhadap perundang-undangan atau tidak.

“Dengan demikian, temuan dalam laporan keuangan daerahnya jadi berkurang. Nah untuk mencapai ini pemda harus berusaha melihat poin yang disampaikan,” tandas Poerwanto. (S-51)

Baca Juga: Mayat Perempuan tanpa Identitas Ditemukan di Pantai Waituti