AMBON, Siwalimanews – Hery Purwanto resmi menjabat sebagai Kepala Perwakilan Badan Pemeriksaan Provinsi Maluku, menggantikan pejabat lama Moh Abidin yang diangkat sebagai Kepala Perwakilan BPK Provinsi Papua Barat.

Proses serah terima jabatan dipusatkan di Swissbel Hotel, Senin (27/9), disaksikan Gubernur Maluku Murad Ismail dan anggota VI BPK RI  penyerahan Harry Azhar.

Gubernur Maluku Murad Ismail pada kesempatan itu, memberikan apresisasi terhadap BPK yang selama ini telah memberikan banyak kontribusi positif melalui peran pendampingan dan asistensi, demi pencapaian target kinerja Pemerintah Provinsi Maluku, berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan daerah.

“Pencapaian tersebut harus terus ditingkatkan sesuai komitmen bersama pemprov, pemkab dan pemkot se-Maluku, untuk memperoleh WTP terhadap LKD di tahun-tahun berikutnya,” ucapnya.

Gubernur juga memberikan apresiasi atas kinerja Muhammad Abidin selaku Kepala BPK Maluku di periode lima tahun terakhir. Termasuk dimasa kepemimpinan Abidin, Maluku berhasil mendapat opini WTP tahun 2019 dan 2020.

Baca Juga: Jalan Dipalang, Belasan Truk Sampah tak Bisa ke TPA

“Atas nama Pemda Provinsi Maluku, mewakili 11 kabupaten/kota, kami beri apresiasi setinggi-tingginya untuk Pak Abidin dan jajarannya, atas kerjasama mereka dengan pemda,” ujar Gubernur.

“Saya juga ucapkan selamat datang kepada Pak Herry Purwanto sebagai Kepala BPK Maluku yang baru saya inginkan kemitraan yang sudah terjalin lebih dioptimalkan, terutama pelaksanaan program pengawasan interen akuntabilitas keuangan, pembangunan daerah, dan penyelenggaraan sistem pengendalian interen pemerintah (SPIP), serta peningkatan kapabilitas APIP di Maluku,” tambah Gubernur.

Untuk diketahui, Hery Purwanto menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPK Provinsi Maluku terhitung mulai  7 Juni 2021 berdasarkan Surat Keputusan Sekjen Nomor 229/K/X-X.3/05/2021 tanggal 20 Mei 2021.

Jabatan sebelum diangkat sebagai Kepala Perwakilan BPK  Provinsi Maluku adalah Kepala Perwakilan BPK NTB pada auditorat utama keuangan negara VII. Poerwanto Mulai meniti karir di BPK RI Tahun 1996. (S-51)