AMBON, Siwalimanews – Pemkab Kepulauan Tanimbar telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 26 miliar untuk mendukung pelaksanaan  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang dijadwalkan akan berlangsung di kabupaten itu pada  bulan Oktober tahun ini.

“Kita sebagai tuan rumah sudah alokasikan anggaran dari APBD 2020 dan 2021 sebesar Rp 26 miliar. Anggaran ini diperuntukkan untuk pembangunan sarana dan prasarana yang dibutuhkan demi suksesnya MTQ tingkat provinisi,” ungkap  Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, kepada Siwalimanews, di Ambon, kemarin.

Saat ini kata bupati, panitia daerah sementara membenahi sarana dan prasarana penunjang kegiatan, termasuk pembangunan panggung utama, podium VIP, penyiapan lapangan rumput serta tempat-tempat yang disiapkan untuk perlombaan.

“Untuk pekerjaan panggung utama sampai dengan saat ini sudah mencapai 83 persen, VIP podium juga sudah 35 persen,” ujarnya.

Pemkab Tanimbar selaku tuan rumah penyelenggara akan terus berkomunikasi dengan pihak LPTQ provinsi serta Kanwil Kemenang Maluku dan pemda 10 kabupaten/kota lainnya untuk melaporkan progress persiapan pelaksanaan MTQ ke XXIX tahun 2021.

Baca Juga: Kinerja Bupati KKT Diapresiasi Komponen Organisasi Katolik

“Untuk memastikan progres penyelesaian tanpa kesalahan, kita juga undang LPTQ provinsi dan pihak Kanwil Kemenag serta Pemprov Maluku untuk tinjau langsung kesiapan sarana pendukung MTQ,” ucapnya.

Untuk peserta sendiri kata bupati, direncanakan akan diikuti oleh kurang lebih 1.000 orang. Namun dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, pihaknya akan berkoordinasi lagi untuk dapat mengurangi peserta yang mengikuti kegiatan akbar ini.

“Ada pengurangan peserta lantaran pandemi, oleh karena itu kami tetap terapkan protokol kesehatan ketat, dan ini kewajiban tidak dapat ditawar-tawar. Walaupun disadari, keterlibatan masyarakat sangat penting untuk kesuksesan MTQ tingkat provinsi,” cetusnya.

Masyarakat Kabupaten KT sendiri sangat mendukung perhelatan event keagamaan ini, terutama umat GPM dan Katolik serta umat Kristen lainnya dari dedominasi gereja lain yang ada di Kabupaten Tanimbar.

“Kita berharap, mudah-mudahan pada bulan Mei nanti, semua sarana dan prasana pendukung pelaksanaan MTQ bisa rampung 100 persen,” harapnya. (S-51)