DOBO, Siwalimanews – Puluhan masyarakat mengikuti simulasi sebagai langkah persiapan vaksinasi tahap pertama yang digelar bulan Februari nanti yang digelar Puskesmas Siwalima di Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Kamis (21/1).

Kepala Puskesmas Siwalima, Hadija Hasyim menjelaskan, simulasi yang akan dilakukan pihaknya, merupakan upaya agar masyarakat dapat mengetahui pelaksanaan vaksinasi

Covid-19 nanti.

“Kami dari PKM Siwalima akan melaksanakan simulasi dan kami juga telah buat simulasi dalam bentuk video agar dapat ditunjukan kepada seluruh masyarakat agar lebih mudah untuk ketahui dan mengerti bagaimana alur pelaksanaan vaksinasi nantinya,” ucapnya.

Menurutnya, ada empat alur vaksinasi yang harus dilakukan, yakni mulai dari pendaftaran dengan menunjukan bukti pemberitahuan melalui SMS, setelah itu pemeriksaan tekanan darah, dilanjutkan screening kesehatan untuk mengetahui calon penerima vaksin bisa divaksin atau tidak.

Baca Juga: Abaikan Protokol Kesehatan

“Jika berhasil atau tidak ada kendala, maka calon penerima vaksinasi langsung divaksin. Ini kita lakukan sesuai SOP,” ujarnya.

Hasyim menghimbau masyarakat haruslah tetap tenang dan janganlah terpancing berbagai kabar hoax yang tidak jelas. Masyarakat juga diminta selalu menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan serta menjaga Jarak. (S-25)