DOBO, Siwalimanews – Puluhan aparatur sipil negara lingkup pemkab kepulauan aru mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis khusus untuk penyakit tidak menular.

Kegiatan diselenggarakan Dinas Kesehatan ini pusatkan di halaman kantor bupati, Senin (4/12).

Kepala Dinas Kesehatan Aru, Wati Gunawan mengaku kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh dinasnya.

Kegiatan ini rutin dari Dinas Kesehatan yang dilakukan setiap Minggu pertama dan Minggu ketiga bulan berjalan,” terangnya.

Ditempat yang sama Kabid P2P Dinkes Aru, Jecky Rumaketty menambahkan skrining yang dilakukan kepada seluruh ASN untuk pencegahan penyakit tidak menular.

Baca Juga: Buntut Pengambilan Galian C, Warga Rohomoni Ngamuk

“Ini dilakukan pada tiga jenis sakit, yakni Darah Tinggi, Asam Urat dan Kolesterol,” terangnya.

Selain itu juga untuk mengetahui secara dini penyakit yang dialami terutama tiga jenis sakit yang masuk kategori skrining resiko akibat beban kerja yang tinggi.

Dikatakan, jika mengetahui lebih awal, maka dengan sendirinya mereka sudah wanti-wanti untuk konsumsi makanan yang menjadi pantangan, seperti darah tinggi, asam urat dan kolesterol, serta istirahat yang cukup.

“Kedepannya kita akan menjangkau lebih luas lagi dengan mendatangi perdinas, badan agar seluruh ASN dalam lingkup Pemkab Kepulauan Aru dapat terjangkau,” ujarnya.

Kegiatan ini dinas kesehatan menggandeng tiga puskesmas yakni Puskesmas Dobo, Puskesmas Siwa Lima dan Puskesmas Patijarabil.(S-11)