AMBON, Siwalimanews – Menuju kawasan percontohan pangan lokal, maka Polsek Leihitu menggarap lahan tidur disekitar Mapolsek.

Lahan seluas setengah hektar ini akan di tanami tanaman pangan lokal. Proses penggarapannyapun mulai dilakukan sejak Kamis (11/6) yang dipimpin langsung Kapolsek Leihitu, Iptu Julkisno Kaisupy dengan melibatkan para petani lokal.

Kapolsek Leihitu, kepada wartawan Jumat (12/6) mengungkapkan, lahan yang sementara digarap ini rencananya akan ditanami jagung, singkong, tomat serta cabe.

“Rencannaya lahan ini akan ditanami 1000 bibit jagung supur yang dikombinasikan dengan singkong, cabe dan tomat. Sementara untuk proses penggarapan hingga penanaman bibit nanti, kita libatkan tak hanya personil, namun juga petani lokal,” ungkap kapolsek.

Merebaknya pandemic covid-19 ini kata kaposlek, mengharuskan masyarakat memamfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ditengah pembatasan sosial yang diberlakukan pemerintah.

Baca Juga: Danrem151/Binaiya Dijabat Putra Maluku

Ia berharap pengarapan lahan ini akan menjadi pencontohan untuk desa-desa lain di Kecamatan Leihitu secara khusus dan di Maluku pada umumnya.

“Ini bagian dari upaya ketahan pangan lokal serta menjadi contoh bagi negeri-negeri yang ada di Maluku untuk memperkuat ketahanan pangan lokal,” ucapnya. (S-45)