BULA, Siwalimanews – Guna mengamankan jalannya Pemilu serentak ditahun 2024 mendatang, maka Kepolisian Resort Seram Bagian Timur mematangkan persiapan pengamanan.

Hal itu ditunjukan lewat pelaksanaan peragaan simulasi Sispamkota atau sistem pengamanan kota yang digelar di lapangan Mapolres SBT, Selasa (17/10).

“Turut menyaksikan simulasi itu Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur, Kapolres AKBP Agus Joko Nugroho, para pejabat utama Polres SBT serta pimpinan forkopimda,” ujar Kasi Humas Polres SBT IPTU Mallombasang kepada wartawan disela-sela simulasi.

Sementara personel yang dilibatkan dalam simulasi tersebt kata Mallombasang terdiri dari, satu regu dalmas awal dan tim negosiator, dua platon Dalmas lanjut, satu platon pasukan PHH Brimob dari Kompi B SBT, empat regu Bursi, satu regu patroli gabungan TNI dan Polri skala besar

Tujuan dilaksanakan simulasi sispamkota ini, untuk memantapkan berbagai persiapan yang sedang dilaksanakan untuk menyukseskan Pemilu 2024. Serta mengantisipasi kerawanan adanya kericuhan dalam tiap pelaksanaan pesta demokrasi yang bisa saja terjadi, hal ini dapat terlihat dengan kemungkinan adanya aksi unjuk rasa sebagai bentuk ketidak puasaan terhadap hasil pemilu maupun juga ketegangan antar masa pendukung pasangan calon yang tidak dapat mengontrol diri saat pengumutan suara di mulai.

Baca Juga: Polda Maluku Siap Laksanakan Ops Mantap Brata

“Dalam pelaksanaan simulasi ini diperagakan beberapa tahapan pelaksanaan pemilu yang dituangkan dalam skenario pengamanan yang didemonstrasikan oleh seluruh personel Polres SBT di bantu personel Brimob Kompi B Pelopor dan TNI serta instansi terkait,” jelasnya.

Simulasi ini juga tambah Iptu Mallombasang, guna mengantisipasi kericuhan antar pendukung, kemudian pada masa tenang, hari pencoblosan, penghitungan dan pengawalan surat dan kotak suara, serta tindakan pengamanan terhadap Kantor KPU yang diasumsikan akan diserang oleh masa yang tidak terima dengan hasil pemilu itu sendiri.

Selain itu, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kerawanan serta cara bertindak personel Polri maupun TNI dalam tahapan pemilu nanti dan ini disajikan semua dalam simulasi sispamkota ini, hal ini sebagai bukti dari kesiapan Polres SBT dalam menghadapi pengamanan pemilu serentak 2024

“Dalam peragaan sispamkota yang diperagakan oleh personel Polres SBT, Satuan Brimob, KPUD SBT dan dengan didukung oleh personel TNI serta stakeholder lainnya dalam rangka tugas pengamanan yang berkaitan dengan Pemilu serentak tahun 2024,” tandasnya.

Diejlaskan, simulasi dalam bentuk sinergitas antara Polri dan TNI telah sepakati dalam nota kesepahaman antara TNI dan Polri Nomor: B / 4 /I / 2013 tentang Perbantuan TNI kepada Polri dan pedoman kerja sama antara Polri dan TNI Nomor :B/30/VIII/2015 tentang Perbantuan TNI kepada POLRI Bidang Harkamtibmas dalam rangka pengamanan Pemilu.

Sebelumnya Polres SBT juga melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024. Bertindak sebagai inspektur upacara Kapolres SBT AKBP Agus Joko Nugroho, sementara perwira upacara Kasubbag Dal Ops AKP Puji Hariadi, serta Komandan upaara KBO Reskrim Ipda Rudi Hartono.(S-27)