TIAKUR, Siwalimanews – Polres MBD dalam hal ini Satuan Polair mensosialisasikan kamtibmas perairan ditempat Penyeberangan Dermaga Ferry Tiakur, Kecamatan Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Senin (29/1).

Sosialisasi tersebut disampaikan Bripka Hendri Rahalus dengan mendatangi warga di dernaga penyeberangan yang bertujuan untuk membangun komunikasi dengan warga terutama para penumpang maupun operator speed boat.

Hal ini dilakukan dengan tujuan mendengarkan masukkan dari warga terkait kegiatan penyeberangan yang dilakukan dengan menggunakan angkutan laut speed boat antara Pulau Moa menuju ke Pulau Letti dan sebaliknya.

Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono melalui Kasi Humas Ipda Wempi R Paunno menjelaskan, kegiatan yang dilakukan personel Satuan Polair melalui penyampaian himbauan dan pesan-pesan kamtibmas kepada warga, semata-mata adalah untuk mengingatkan warga menjaga keamanan dan ketertiban selama melakukan pelayaran.

“Selain melakukan sambang, Personel Satuan Polair juga menghimbau warga untuk membawa barang bawaan secukupnya, mengingat alat angkut speed boat memilikki kapasitas daya angkut yang terbatas, disamping itu para operator juga diingatkan untuk memperhatikan keadaan cuaca saat melakukan pelayaran hendaknya disesuaikan dengan ketentuan peraturan yang berlaku guna terhindar dari resiko musibah laut yang sewaktu-waktu dapat terjadi,” ujar Kasi Humas, dalam rilisnya, Senin (29/1)

Baca Juga: Ratusan Personel Polda Maluku Jalani Tes Urin

Kamseltibcarlantas

Ditempat terpisah kata Kasi Humas, personel Satlantas Polres MBD juga berupaya mendekatkan diri kepada masyarakat dengan memberikan pemahaman konsep Kamseltibcarlantas yang nyata dalam upaya meningkatkan pelayanan masyarakat untuk mewujudkan keselamatan dalam berlalu lintas.

Kegiatan Polantas Basudara Manise oleh Personel Satlantas berupa himbauan dan penyampaian sosialisasi kepada warga terkait disiplin dan ketaatan dalam berlalu lintas, hal inilah sebagai langkah terobosan yang diambil, dalam upaya memelihara Kamseltibcarlantas serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang bepergian menggunakan kendaraan bermotor.

Polantas Basudara Manise yang dilaksanakan oleh personel Satlantas dalam bentuk memberikan Edukasi kepada warga yang bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan korban fatal serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Dengan melaksanakan tugas, fungsi dan peran sebagai seorang anggota Polri yang merupakan garda terdepan kepolisian dalam penegakkan hukum di jalan raya, diharapkan kinerja yang ditunjukkan oleh satlantas dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri,” pungkas Kasi Humas.(S-28)