APARAT Kepolisian Daerah Maluku diminta untuk intensif melakukan patroli selama perayaan natal dan tahun baru (Nataru).

Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (16/12) mengungkapkan menjelang natal dan tahun baru biasanya terjadi peningkatan angka kriminalitas yang dapat berdampak pada gangguan Kamtibmas.

Upaya antisipatif kata Sairdekut sudah harus dilakukan sejak dini dengan mengefektifkan peran seluruh jajaran kepolisian termasuk intelijen guna mengetahui sejak awal daerah yang berpotensi terjadi gangguan Kamtibmas. “Jelang natal dan tahun baru biasanya angka krimi­-nalitas itu meningkat dan ini ha­-rus diantisipasi agar tidak mere­-bak menjadi masalah seperti bentrok dan konflik ditengah masyarakat, maka Polda harus berperan penting,” ujar Sairdekut.

Menurutnya, perayaan natal dan tahun baru harus dilewati oleh masyarakat dengan rasa aman dan damai artinya menjadi tugas pemerintahan dan kepolisian untuk menjamin kelangsungan perayaan hari besar keagamaan di Maluku..

Apalagi belajar dari persoalan hukum yang terjadi bahwa biasa­nya benturan dan konflik terjadi dipenghujung tahun sehingga harus ada langkah konkrit dari Kepolisian dan pemerintah daerah untuk mengantisipasi agar tidak meluas dan menjadi persoalan besar didaerah ini.

Baca Juga: Mendagri Beri Penghargaan Atas Pembentukan GNRM

Sairdekut yakin jika seluruh pihak bekerjasama untuk menjaga kamtibmas maka Maluku akan terbebas dari semua bentuk perpecahan ditengah masyarakat. (S-20)