AMBON, Siwalimanews – Polda Maluku berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) kategori minum jus Pala terbanyak, dengan total 16.076 botol jus.

Rekor ini tercatat di MURI yang disematkan perwakilan MURI Yusuf Ngadri kepada Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, dalam seremonial pemecahan rekor minum Jus Pala terbanyak yang berlangsung di Lapangan Letkol Tahapary, Tantui, Ambon,  Sabtu (25/6).

Tak hanya dipusatkan di Lapangan Tahapary saja. Pemecahan rekor ini juga dilakukan secara hybrid di seluruh Polres jajaran di Maluku.

Tercatat Polresta Ambon menyediakan 2,022 botol, Polres Malteng 2000 botol, Polres SBB 1.222 botol, Polres SBT 1.222 botol, Polres Aru 1.822 botol, Polres Tual dan Malra 1.822 botol, Polres Buru dan Bursel 1.100 botol dan Polres KKT 2.100 botol.

Kapolda Irjen Lotharia Latif yang didampingi Gubernur Maluku Murad Ismail dan Forkopimda di sela-sela penyematan rekor mengatakan, rekor ini digagas guna mendorong UMKM di Maluku.

Baca Juga: Deputi III BNPP Audiens dengan Jajaran Korem Wira Bima

Menurutnya, Pala dipilih sebagai objek rekor MURI lantaran, buah ini merupakan icon Maluku yang sudah mendunia sejak dahulu kala. Untuk itu pemecahan rekor ini di harapkan dapat mengembalikan era kejayaan Pala yang dikemas dalam berbagai inovasi.

“Banyak UMKM unggulan di Maluku, tapi kita angkat Pala, karena ada histori yang luar biasa, dan juga merupakan icon dari Maluku itu sendiri, Saya berharap apa yang dilakukan ini menjadi langkah awal yang mudah-mudahan mengakat perekonomian masyarakat kecil,” ujar Kapolda.

Mantan Kapolda NTT ini mengaku, langkah yang dilakukan Polda Maluku ini selanjutnya dapat dikembangkan, agar produk-produk olahan dengan bahan dasar Pala dapat dikenalkan, bahkan dijadikan welcome drink sebagai bentuk perkenalan.

Sumber pala sendiri, yang diambil sebagai olahan jus, berasal dari Negeri Mamala, Morela dan Banda.

“Ini langkah awal memperkenalkan produk olahan Pala seperti jus. Kita sudah mulai di Polda, siapa yang datang kita sajikan jus Pala sebagai welcome drink,” tutur Kapolda.

Ditempat yang sama, perwakilan MURI, Yusuf Ngadri mengapresiasi Kapolda Maluku atas gagasan jus Pala sebagai objek pemecah rekor MURI, sebab  Pala merupakan bahan rempah dengan nilai tinggi sejak zaman romawi.

“Pala dikenal sebagai rempah-rempah yang bisa digunakan sebagai obat-obatan dan bumbu masak, namun atas prakasa pak Kapolda jus Pala yang belum pernah kita nikmati dalam bentuk jus, hari ini kita nikmati dengan harapan, jus Pala ini dapat mendunia dengan berbagai inovasinya,” ujar Ngadri.

Ia berharap, dengan pemecahan rekor MURI ini, para petani Pala dapat memperoleh manfaat dari jus ini.

“Dengan ini MURI menyatakan minum jus Pala hari ini dicatat MURI sebagai rekor dunia MURI, sajian jus Pala terbanyak secara hybrid,” jelas Ngadri sembari menyerahkan Piagam MURI kepada Kapolda Maluku.(S-10)