AMBON, Siwalimanews – Bertempat di aula ruang rapat utama (rupatama), Polda Maluku menggelar Taklimat Awal Wasrik Tahap II Tahun 2020 yang dihadiri Itwasum Polri, Senin (6/7). Kegiatan ini dihadiri Wakapolda Maluku, Brigjen Jan de Fretes, Irwasda Maluku, pejabat utama Polda Maluku, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Leo Sirya Simatupang serta kapolres jajaran Polda Maluku.

Wakapolda Maluku, pada kesempatan tersebut mengatakan, pelaksanaan Wasrik Itwasum Polri tahap II tahun 2020 di Polda Maluku merupakan kegiatan rutin sebagai wujud perhatian Pimpinan Polri dalam melakukan pembenahan internal, dan akan memberikan kontribusi positif pada Polda Maluku yang semakin maju dalam membangun kapabilitas.

“Pelaksanaan Wasrik Itwasum Polri Tahap II tahun 2020 di Polda Maluku sendiri dilaksanakan mulai 6 sampai dengan 15 Juli 2020 dan metode pelaksanaan Wasrik dilaksanakan sesuai dengan peraturan Kapolri Nomor 18 Tahun 2011,” jelas de Fretes.

Untuk pendamping tim sendiri, de Fretes menambahkan, Tim Wasrik Polri dalam pelaksanaan pemeriksaan didampingi oleh tiga parik dan satu orang auditor pada Itwasda  Polda Maluku, sesuai dengan bidang manajemen operasional, sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta anggara keuangan. “Satu personil Itwasda Polda Maluku bertugas sebagai perwira penghubung dan lima personil bintara sebagai operator yang bertugas membantu tim dalam pengetikan penyusunan pernyataan hasil pemeriksaan (PHP) dan tabulasi hasil Wasrik,” ungkapnya. (S-32)