AMBON, Siwalimanews – Kebakaran besar melanda kawa­san Nania tepatnya di RT 06/01, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, mengakibatkan 4 tempat usaha war­ga ludes terbakar, Rabu (6/10).

Kasubbag Hu­mas Polresta Ambon, Ipda Izack Lea­temia menjelaskan, peristiwa kebaka­ran terjadi sekitar pukul 15.30 WIT. Saat itu pemilik kios sem­bako dan BBM Ece­ran Jenis Per­talite Agus Saleh (30) sementara berada di dalam kios, sambil mengukur BBM jenis pertalite untuk dijual.

Saat mengukur BBM, tiba-tiba berjarak sekitar 2 meter dari tem­pat pemlik kios BBM berdiri, ia melihat percikan api berasal dari kabel listrik yang akhirnya me­rembet ke BBM miliknya.

“Pada saat milihat percikan api tersebut saksi kaget dan BBM yang sementara dipegang oleh saksi langsung mengenai percikan api tersebut sehingga terjadi keba­karan,” jelas Kasubag.

Kejadian tersebut sontak membuat sang pemilik kios BBM ini berlari keluar sambil berteriak untuk meninggalkan kios dan menyelamatkan diri.

Baca Juga: Pemindahan Gardu A4 di Eks Hotel Anggrek Terkendala Lahan

Api yang membesar selanjutnya merembet dan mulai membakar warung makan sederhana milik Farida Ariani dan tempat pangkas rambut milik Baharudin, yang terletak bersebelahan dengan kios BBM tersebut.

Berselang beberapa saat, mobil Pemdam Kebakaran milik Pemkot Ambon yang berada di Desa Passo, tiba di TKP dan langsung memadamkan kobaran api di bantu warga sekitar, tak lama kemudian disusul 6 unit mobil Damkar dari Kota Ambon tiba di TKP sekitar pukul 16.50 WIT, dan lansung membantu melakukan pemadaman api.

Tepat pukul 16.55 WIT api berhasil dipadamkan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun kerugian yang dialami hanya kerugian materil yang ditaksir mencapai Rp 180 juta.

“Api sudah berhasil dipadamkan, kalau untuk korban jiwa tidak ada, kerugian hanya meteril berupa kios sembako dan kios bensin eceran milik bapak Agus Saleh, Warung makan milik Ibu Farida dan pangkas rambut milik Baharuddin,” tuturnya. (S-45)