AMBON, Siwalimanews – Kepolisian Daerah Maluku resmi menggelar Operasi Keselamatan Siwalima tahun 2022.

Mulainya operasi terpusat ini ditandai dengan dibukanya operasi oleh Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes dalam apel gelar pasukan operasi Keselamatan Siwalima 2022, di Lapangan Letkol Chr Tahapary, Kota Ambon, Selasa (1/3).

Dalam operasi ini tujuh pelanggaran yang akan menjadi prioritas dalam operasi ini. Ketujuh pelanggaran itu, masing-masing, pengemudi kendaraan bermotor yang menggunakan handphone, pengemudi kendaraan bermotor masih dibawah umur, berboncengan lebih dari dua orang, tidak menggunakan helm SNI, mengemudi kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol,  melawan arus lalu lintas serta mengemudikan kendaraan secara ugal-ugalan, dan tidak menggunakan safety belt.

“Tujuh pelanggaran ini menjadi prioritan, dan ini harus dilakukan penindakan,” tandas Kapolda dalam sambutannya yang dibacakan Wakapolda dalam apel gelar pasukan tersebut.

Kapolda juga menekankan kepada setiap personel untuk dapat melaksanakan deteksi dini, pengamanan dan pelanggaran.

Baca Juga: Enam Tahun Mandek, DPRD Kembali Perjuangkan 13 DOB

Selain itu setiap personel juga diminta untuk melakukan pemetaan lokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran, kecelakaan lalu lintas, lokasi penyebaran Covid-19 serta melaksanakan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat, tentang Kamseltibcarlantas dan bahaya penyebaran Covid-19 melalui kegiatan sosialisasi.

“Laksanakan edukasi dan penerangan serta membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19,” pinta Kapolda.

Agar kegiatan dalam operasi dapat menjadi edukasi, maka Kapolda minta kegiatan yang dilakukan dapat dipublikasi melalui media massa, baik media elektronik, media cetak dan media sosial.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita sekalian, dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” pungkas Kapolda.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan apel gelar pasukan operasi Keselamatan Siwalima 2022, turut dihadiri oleh AS Ops Kodam XVI Patimura, Kasi Ops Korem 151 Binaiya, Aspotmar Lantamal IX Ambon, Aspidum Kajati Maluku, Hakim Tinggi Senior Pengadilan Tinggi, Pejabat Utama Polda Maluku, dan Kapolresta Pulau Ambon. (S-10)