AMBON, Siwalimanews – Polda Maluku ditunjuk sebagai panitia tes psikologi bagi ratusan calon anggota Bawaslu baik tingkat Provinsi Maluku maupun kabupaten kota.

Pelaksanan tes psikologi dilakukan secara manual dan melalui Computer Assisted Test yang berlangsung di laboratorium komputer SMA Negeri 2 Ambon dan SMK Negeri 3 Ambon, Rabu (5/7).

“Jadi tes diikuti oleh 381 calon anggota Bawaslu Provinsi dan kabupaten kota,” terang Ketua Panitia Pelaksana Tes Psikologi Kombes  Bony J.S. Sirait kepada wartatawan.

Ia menjelaskan tes dibagi dalam dua zona. Zona I lokasi tes di pusatkan di SMK Negeri 3 Ambon dan zona 2 di SMA Negeri 2 Ambon.

“Tes ini telah dilaksanakan sejak Selasa 4 Juli,” jelas Sirait.

Baca Juga: BMW Serahkan 14 Hewan Kurban

Lanjutnya pelaksanaan tes juga diawasi oleh panitia dari Bag Psikologi Biro SDM dan pengawas internal Polda Maluku baik itu Itwasda dan Propam maupun Bawaslu Maluku.

“Pelaksanaan tes ini diselenggarakan berkat kerja sama polda maluku dengan Bawaslu Maluku melalui MoU bersama antara Bawaslu dan SSDM Polri,” ungkapnya.

Seleksi penerimaan anggota Bawaslu ini sendiri memasuki tahapan tes psikologi yang berlangsung secara serentak di Indonesia.

Selaku pelaksana di daerah, khususnya Provinsi Maluku, Sirait menegaskan, tes akan dijalankan sesuai aturan yang berlaku. “Kita laksanakan secara transparan dan serentak di seluruh Indonesia,” tandasnya. (S-10)