AMBON, Siwalimanews – Konvoi massa di malam Tahun Baru sudah menjadi tradisi di Kota Ambon dan beberapa daerah disekitarnya.

Menyiapkan proses pengamanan konvoi, Polda Maluku mengelar tactical floor game (TFG) atau metode pengamanan suatu acara di Ruang Rapat Utama, Mapolda Maluku, Rabu (28/12).

Karo Operasi Polda Maluku Kombes Asep Syaipudin yang memimpin TFG mengatakan tujuan TFG untuk memberikan gambaran mengenai situasi, cara bertindak maupun untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas.

“TFG ini kita ingin mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana dan prasarana pendukung dalam mengamankan perayaan Tahun Baru 2023,” kata Kombes Asep.

Dirinya mengaku dalam pelak­sanaan pengamanan nanti Polda Maluku mengedepankan siner­gitas dan kolaborasi, sehingga diha­rapkan operasi Lilin Salawaku 2022 dapat berjalan dengan optimal.

Baca Juga: PKL Ramai-Ramai Berjualan di Badan Jalan

“Ini sangatlah penting kita laksanakan guna mengetahui dan memantapkan kesiapan unsur yang terlibat dalam pengamanan jalannya pergantian tahun,” katanya.

Selain itu dalam pelaksanaan nanti pihaknya akan melakukan rekayasa arus lalu lintas saat malam per­gantian tahun saat konvoi atau pawai.

Ia juga meminta kepada pihak polresta ambon untuk melakukan monitoring ke tempat-tempat keramaian yang akan dilaksanakan oleh masyarakat.

“Saya minta kasat Intelkam Pol­resta Ambon meminitoring tempat-tempat keramaian yang akan dila­ksanakan oleh masyarakat saat malam pergantian tahun,” ujarnya.

Kepada para personel ia juga meminta agar dapat melakukan pengamanan secara preemtif dan persuasif dan menghindari sikap arogan terhadap masyarakat.

“Kami harapkan pelaksanaan pengamanan pergantian tahun dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar,” pintanya. (S-10)