AMBON, Siwalimanews – Hari Ulang Tahun Kota Ambon ke- 445 men­jadi alasan penundaan relokasi Pasar Mardika. Sesuai jadwal, 29 Agus­tus pasar kebanggaan masyarakat Kota Ambon itu pedagangnya direlokasi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Per­da­gangan (Disperindag) Kota Ambon, Pieter Leuwol mengungkapkan, proses re­lokasi yang belum juga berjalan, dika­renakan terkendala sejumlah kegiatan menjelang HUT Kota Ambon.

“Nanti kami tinggal atur, ini karena ada dalam kaitan dengan HUT Kota Ambon. Kan ada kegiatan virtual dan doa bersama,” tuturnya kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Jumat (4/9).

Dijelaskan, pihaknya sementara me­la­kukan koordinasi untuk melaksana­kan langkah penggusuran secara halus guna memindahkan pedagang dari lo­kasi termasuk lokasi yang diperuntuk untuk revitalisasi.

“Jadi nanti, kami ada sementara koor­dinasi untuk kemungkinan hari Senin (hari Ini red), kami langsung tutup dengan senk agar cepat selesai,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Siapkan 22 Kampung Tangguh

Pantauan Siwalima, sampai sekarang masih terdapat sejumlah kios atau lapak yang tetap berdiri dan belum dibongkar. Pedagang atau pemilik lapak juga masih melakukanaktivitas seperti biasa. Menyikapi hal itu, Leuwol mengungkap­kan proses sterilisasi lokasi akan dilak­sanakan serentak baik itu lapak yang sudag dibongkar maupun yang belum. “Itu nanti kita ambil tindakan sekaligus. Tunggu tanggal main aja,” tandasnya.

Ditambahkan, untuk proses penste­rilan tersebut pihaknya akan bekerja sama dengan TNI/Polri dan Satpol PP. Sebab menurutnya tugas tersebut tidak dapat dikerjakan hanya oleh dinas teknis saja.

“Tidak mungkin bidang kami sendiri. Ini tim karena ini sudah bukan Indag saja, tapi ini sudah menjadi tugas peme­rintah Kota Ambon,”jelasnya. (Mg-6)