AMBON, Siwalimanews – PT. PLN (Persero) menyiapkan la­yanan home charging dalam men­dukung beragamnya manufaktur kendaraan listrik yang hadir di Indonesia.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, Jumat (23/2) mengatakan, lewat kerja sama antara PLN dan Chery yang berlangsung di sela-sela gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, JIEXPO Kemayoran Jakarta, Senin (19/02) kemarin, maka kini para pelanggan kendaraan listrik tidak perlu khawatir, karena pembelian mobil chery akan langsung terlayani de­ngan layanan home charging PLN.

“Langkah ini merupakan upaya PLN dalam mendorong akselerasi kendaraan listrik di Indonesia melalui penyediaan layanan home charging Stasiun Pengisian Listrik Umum, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum maupun Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum,” ujarnya.

Sehubungan dengan itu, kerja sama ini diharapkan tidak berhenti disini, agar semakin banyak manu­faktur kendaraan listrik yang hadir di Indonesia, sehingga cita-cita net zero emissions di Indonesia dapat diwujudkan.

Sementara itu, Executive Vice Pre­si­dent Penjualan dan Pelayanan Pe­langgan Retail PLN, Tony Bellamy juga mengatakan, bahwa produk home charging merupakan produk yang dikembangkan untuk memper­mudah pengguna electric vehicle (EV).

Baca Juga: Pebisnis Bangun SPKLU, Ekosistem Kendaraan Listrik Semakin Kokoh

Dengan ini, para pelanggan dibe­ri­kan kemudahan dengan adanya infrastruktur kelistrikan untuk me­ngisi daya kendaraan pribadi mereka di rumah sendiri.

“PLN telah mengembangkan pro­duk home charging services, produk ini menjadi keuntungan bagi kon­sumen, sebab pengisian daya kenda­raan listrik di rumah atau home charging pelanggan akan menda­patkan harga special biaya penyam­bungan pasang baru atau penam­bahan daya serta diskon tarif Listrik,” ujar Tonny.

Dengan itu diharapkan, kerja sama ini juga memberikan manfaat kepada calon pembeli EV Chery. Dengan membeli kendaraan roda empat, pe­langgan memiliki kesempatan untuk mengajukan pengisian daya di rumah melalui aplikasi PLN Mobile.

“Para calon pembeli mobil Chery tidak perlu risau, setelah pembelian kendaraan, para pengguna dapat mengajukan untuk pemasangan home charging melalui PLN Mobile. Kami dapat memastikan bahwa pemasangan home charging ini sudah terpasang sehari sebelum kendaraan tersebut tiba di rumah pelanggan,” terangnya.

Executive Vice President PT. Chery Sales Indonesia, Qu Jizong menambahkan, kerja sama ini merupakan bentuk nyata dari kesamaan visi dan misi antara PLN dan Chery dalam mewujudkan ekosistem EV di Indonesia.

Sehingga untuk mewujudkan itu, butuh dukungan semua pihak untuk meningkatkan awareness masyara­kat terkait pentingnya perubahan penggunaan moda transportasi ke kendaraan yang ramah lingkungan, salah satunya adalah EV.

“Kita berharap ini bisa membantu masyarakat dalam pemanfaatan insentif dari pemerintah. Memang konsumen mobil listrik belum sepenuhnya memanfaatkan insentif yang diberikan oleh pemerintah. Maka dari kolaborasi ini  Chery bersama PLN bukan saja tentang bisnis, tetapi kolaborasi pada edukasi bagi masyarakat umum,”katanya.

Dia menambahkan, hingga saat ini, Chery menjadi ATPM EV roda empat yang ke-8 yang telah menjalin kerja sama dengan PLN. PLN akan terus berkolaborasi dengan banyak mitra untuk memacu pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. (S-25)