AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka mendukung era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), PLN membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Maluku dan Maluku Utara yang berlokasi di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ambon.

SPKLU dilaunching secara resmi pada Senin (12/4) oleh Sekda Maluku, Kasrul Selang yang saksikan oleh Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimury dan General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW-MMU) Adams Yogasara.

Sekda Maluku Kasrul Selang menyampaikan, pihaknya mendukung apa yang dilakukan oleh PLN ini.  Dukungan tersebut dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Kita akan menjajaki dengan PLN dan distributor untuk pengadaan sepeda motor listrik sehingga ke depan di lingkungan Pemerintah  Provinsi Maluku tidak lagi menggunakan sepeda motor yang konvensional. Namun tentu ini harus dikaji berdasarkan segmentasi pasar yang berbeda-beda untuk masyarakat,” katanya.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury menyampaikan,   DPRD mendukung sepenuhnya terkait dengan pembangunan SPKLU dan penggunaaan kendaraan listrik.

Baca Juga: Drainase SMI Abal-abal

Menurutnya, sosialisasi juga penting  dilakukan. Penggunaan kendaraan listrik ini dampaknya besar, salah satunya bisa meng­atasi persoalan lingkungan.

Karena itu, lanjut Watti­mury, DPRD berharap sosia­-lisasi ke masyarakat dapat secara masif dilakukan.

“Kami juga akan melakukan hal yang sama untuk menjelaskan ke masyarakat manfaat dan kegunaan kendaraan listrik,” ujarnya.

General Manager PLN UIW MMU Adams Yogasara mengucapkan terima kasih atas dukungan dari seluruh stakeholder kepada PLN, khususnya dalam melaksanakan salah satu program pemerintah, yaitu mendorong penggunaan KBLBB yang selanjutnya diharapkan dapat mendu­kung dan meningkatkan pengguna kendaraan listrik di Provinsi Maluku.

“SPKLU yang telah dilaunching adalah SPKLU pertama di Maluku dan Maluku Utara. Ke depan, kami akan membangun SPKLU kedua yang rencananya akan dibangun di Kota Ternate. Besar harapan kami, ke depan kami juga dapat membangun SPKLU lainnya di seluruh Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Maluku dan Maluku Utara,” ujar Adams.

Launching dari SPKLU ini merupakan salah satu bentuk komitmen PLN untuk mendorong gaya hidup berbasis listrik atau electrifying lifestyle yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, kehadiran SPKLU di Kota Ambon juga diharapkan dapat mendukung para pemilik store kendaraan listrik yang ada di Kota Ambon dan memberikan kemudahan bagi para pengguna kendaraan listrik di Ambon dalam melakukan pengisian kendaraannya.

Adapun pada kesempatan ini, dilaksanakan kegiatan konvoi motor dan sepeda listrik yang dilakukan oleh PLN UIW-MMU bersama dengan Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Ketua DPRD Provinsi Maluku dan stakeholders lainnya. (S-19)