AMBON, Siwalimanews – PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara menghimbau masyarakat di Kota Ambon dan sekitarnya untuk mengantisipasi bahaya kelistrikan, mengingat tingginya curah hujan belakangan ini.

Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIW MMU Ramli Malawat menyebutkan, keadaan cuaca dengan curah hujan yang tinggi dapat berisiko adanya potensi banjir, longsor, dan pohon tumbang akibat angin kencang yang bisa menimpa jaringan listrik.

“Sebagai langkah antisipatif guna menjaga keamanan listrik di dalam rumah masing-masing saat musim huhan seperti ini, kami juga mengajak pelanggan untuk secara rutin mengecek kondisi instalasi kelistrikan di rumahnya untuk memastikan tidak ada potensi bahaya kelistrikan seperti misalnya kabel yang terkelupas,” pinta Ramli dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Senin (28/6).

Bila terjadi gangguan kelistrikan seperti adanya pohon tumbang yang mengenai jaringan listrik, ia mengahimbau pelanggan untuk segera melakukan pengaduan di aplikasi PLN mobile ataupun menghubungi contact center PLN 123.

“Namun apabila rumah pelanggan ataupun instalasi PLN terendam air, maka demi keselamatan secara terpaksa aliran listrik untuk sementara akan kami padamkan. Pelanggan juga dapat mematikan instalasi listrik di dalam rumah dengan naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi,” tambahnya.

Baca Juga: SKK Migas Pamalu Dorong Masuknya Teknologi ke Unipa

Ia juga menghimbau masyarakat untuk selalu mengecek semua peralatan listrik dan elektronik yang ada di tempat tinggal sebelum tidur, dan memastikannya telah terlepas dari stop kontak saat tidak digunakan.

Sebagaimana diketahui, BMKG mengingatkan bahwa musim hujan tahun ini lebih basah dari biasanya. Masyarakat diminta mewaspadai bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan banjir bandang.

Berdasarkan perkiraan cuaca dari laman bmkg.go.id, wilayah Kota Ambon dan sekitarnya diperkirakan akan diterpa hujan selama satu minggu ke depan dengan instsitas yang cukup lebat. (S-51)