AMBON, Siwalimanews – PLN terus berkomitmen un­tuk mendorong kegiatan eko­nomi dan juga pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Me­nengah (UMKM), khususnya di tempat-tempat wisata.

Kali ini, melalui program PLN Peduli (tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL PLN), memberikan bantuan elektri­fikasi dan kebutuhan tenda-tenda usaha di Pantai Huni­mua, Liang, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (14/8)

Bantuan yang diberikan yakni elektrifikasi berupa pasang baru listrik termasuk panel dan instalasi serta dispenser untuk tenda-tenda usaha dan gerobak, kompre­ssor serta tandon air untuk tempat wisata Pantai Huni­mual Liang dengan total bantuan senilai Rp190 juta.

“Kami dari pemerintah negeri sangat mengapre­siasi dengan adanya ban­tuan PLN peduli kepada masyarakat Negeri Liang, karena ini sangat membantu perekonomian mereka da­lam hal meningkatkan usa­ha mereka,” ujar Pejabat Kepala Pemerintah Negeri Liang, B. Neniwati Seipala se­­bagaimana rilis dari Hai­rul Hatala, Manager Komu­nikasi dan TJSL PLN UIW MMU kepada Siwalima, Senin (16/8).

Salah satu pemilik tenda usaha di Pantai Hunimua Liang, Sin Hehanusa (60) juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada PLN atas bantuan yang diberikan kepada tenda-tenda usaha di Pantai Hunimua Liang, termasuk miliknya.

Baca Juga: Bangunan Pasar Senilai Miliaran Rupiah Dibongkar

“Terima kasih kepada PLN atas bantuan ini. Kalau selama ini kami jualan dalam keadaaan gelap sekarang sudah ada listriknya,” ujarnya.

Selaras dengan hal tersebut, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Sihar Marulak Tambunan menyampaikan bahwa PLN berharap bantuan yang diberikan ini dapat membantu kelanjutan usaha para warga pemilik tenda usaha di Pantai Hunimua Liang, khususnya di masa pandemi seperti ini.

“Kami berharap bantuan ini dapat membantu kegiatan usaha para pemilik tenda sehari-hari yang kini juga sudah bisa menggunakan listrik. Selain itu bantuan ini juga kami hadirkan untuk mendukung keberlangsungan tempat wisata di masa pandemi Covid-19,” jelas Sihar.

Pemberian bantuan terhadap sektor pariwisata ini juga merupakan bentuk komitmen dari PLN untuk mendukung pelaksanaan sustainable development goals (SDGs) atau pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

PLN terus berkomitmen untuk melaksanakan transformasi dalam bidang CSR/TJSL guna mewujudkan nilai tambah Bersama antara perusahaan dan masyarakat untuk membentuk sistem bisnis berkelanjutan dengan berorientasi terhadap pencapaian SDGs.

Hal tersebut ditunjukkan dengan komitmen PLN dalam menjalankan program CSR/TJSL dengan berpedoman kepada ISO 26000. (S-19)