AMBON, Siwalimanews – Pleno rekapitulasi tingkat PPK untuk daerah pemilihan Ambon I (Leitimur Selatan dan Sirimau I), telah selesai.

Akumulasi jumlah suara terbanyak partai dan siapa caleg yang pasti akan duduk di Baileo Rakyat Belakang Soya, sudah diketahui.

Berdasarkan data yang diterima Siwalimanews, Rabu (28/2) menyebutkan, untuk dapil Ambon I, Partai Golkar berada pada posisi pertama dengan akumulasi suara partai mencapai 5.100 suara. Selanjutnya urutan kedua perolehan jumlah suara partai terbanyak diraih oleh Partai Nasdem dengan akumulasi suara partai 4.722 suara.

Kemudian disusul PDI Perjuangan diposisi ketiga dengan perolehan 4.500 suara, kemudian Partai Demokrat dengan perolehan 4.100 suara, Perindo 3.900 suara, selanjutnya Gerindra 3.800 suara dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), 3.700 suara.

Dari akumulasi jumlah suara partai itu, diketahui Caleg peraih suara terbanyak dari masing-masing partai yang akan duduk sebagai wakil rakyat periode 2024-2029 untuk dapil Ambon I, yakni Adytia Sahuburua (Golkar). Anak tunggal dari mantan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua ini adalah pendatang baru yang berhasil menggeser posisi petahana, Frederika Latupapua Noya.

Baca Juga: Tak Penuhi Qorum Pleno KPU Aru Ditunda

Demikian juga Noni Rusel (Nasdem), pendatang baru ini juga berhasil menggeser Tan Indra Tanaya yang sebelumnya di PAW menggantikan Alm Christian Latumahina. Selanjutnya ada Femri Tuanakota (Demokrat), pendatang baru ini juga berhasil menggeser posisi petahana Julius Joel Toisuta.

Tidak hanya itu Valentino J Amahorseja (Gerindra) juga berhasil menggeser petahana Johny Paulus Wattimena. Sementara Lucky Nikijuluw (PDI Perjuangan), Patrick Moenandar (Perindo)  dan Swenly Hursepuny (PKB), masih tetap mempertahankan kursi mereka.(S-25)