AMBON, Siwalimanews – Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku mencatat,  Kota Ambon mengalami inflasi 0,34 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 110,16 pada Januari 2022.

Kordinator Fungsi Statistik distribusi BPS Provinsi Maluku Jessica Pupela mengatakan, selain Kota Ambon,  Kota Tual juga mengalami Inflasi 0,20 persen dengan IHK 110,56.

“Dari 90 Kota IHK, ranking IHK Kota Ambon turun ke posisi 14, sementara IHK Kota Tual juga turun ke posisi 10. Untuk inflasi bulanan dan tahun kalender, Kota Ambon berada pada posisi ke-78, inflasi tahun ke tahun pada ranking ke-3 dan inflasi bulanan dan inflasi tahun kalender Kota Tual berada pada posisi ke-83, inflasi tahun ke tahun berada pada ranking ke-9,” urai Pupela dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (3/2).

Menurutnya, 10 komoditas utama yang mengalami kenaikan harga atau memberikan andil terbesar terhadap inflasi Kota Ambon pada Januari 2022 diantaranya adalah, nasi dengan lauk, minyak goreng, ikan tongkol, ikan cakalang, telur ayam ras, daun melinjo, biaya pulsa ponsel, pisang, anggur, dan wortel.

Sedangkan 10 komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Januari 2022 dan memberikan andil terbesar terhadap inflasi Kota Tual adalah, ikan kembung, ikan baronang, bahan bakar rumah tangga, tukang bukan mandor, telur ayam ras, embal gepe, biaya pulsa ponsel, daun singkong, daging ayam ras, dan talas/keladi. (S-21)

Baca Juga: Foto Kapolsek Haruku di Konflik Ori-Kariu Viral, Ini Penjelasan Polda Maluku