DOBO, Siwalimanews – Setelah dua hari tunda karena tidak memenuhi qorum pleno KPU, akhirnya rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten di mulai kembali.

Pleno KPU dipimpin ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun dan didampingi empat komisioner KPU lainnya, Rabu (28/2) dan dihadiri ketua Bawaslu Aru, Alan R Jacobus dan Yadi Salay, 9 PPK dan saksi partai.

Sementara satu PPK lainnya, yakni PPK PP Aru hingga kini masih lakukan pleno.

Proses jalannya rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara berlangsung alot. Hal ini dikarenakan terjadi perbedaan jumlah suara dengan jumlah DPT.

Kondisi ini menjadi hujan intrupsi dari sejumlah saksi partai ke pihak PPK maupun KPU.

Baca Juga: Lima Warga Desa Wailola Terserang DBD

Setelah di lakukan pemeriksaan secara seksama dan di koreksi baik dari para saksi partai dan PPK kemudian di jelaskan oleh pimpinan sidang maupun anggota akhirnya dapat di selesaikan. Selain itu, hingga berita ini dikorankan baru satu penghitungan suara pada PPK Sir-Sir.

Kemudian dilanjutkan dengan  proses penghitungan suara untuk PPK Aru Utara.

Sementara berdasarkan pantauan Siwalima, pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara mendapat penjagaan ketat oleh anggota kepolisian.

Kabag OPS Polres Aru, Iptu. H. Pelatu mengatakan anggota polres yang diturunkan dalam rangka pengamanan jalannya rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara berjumlah 30 personil. (S-11)