AMBON, Siwalimanews – Partai Kebangkitan Bangsa Kota Ambon, terancam  kehilangan satu kursi di Dapil I (Kecamatan Leitimur Selatan + Sirimau I).

Hal ini lantaran, PKB merupakan kursi terakhir atau ke 8 dalam Pileg 2019 dan diketahui, komposisi kursi pada dapil tersebut pada Pemilu 2024, ditetapkan 7 kursi.

Dengan itu, sebagai kursi terakhir atau kursi yang hilang pada Pileg 2024, maka jika  akumulasi suara PKB tidak lebih dari partai lain, maka PKB akan kehilangan kursi pada Dapil I.

Menanggapi hal itu, Ketua PKB Kota Ambon, Bahdin Karepesina yang dikonfirmasi Siwalimanews, melalui telepon selulernya, Senin (19/2) mengaku masih optimis bisa mempertahankan kursi PKB pada dapil tersebut.

“Masih menunggu rekapan surat suara masih berjalan ditingkat PPK, pada prinsipnya PKB masih optimis akan masuk,”ujarnya.

Baca Juga: Fraksi Gerindra Ingatkan Pemprov Profesional Kelola Pasar Mardika

Karepesina mengaku, tetap mengacuh pada proses rekapan yang masih berjalan sambil tetap mengawal proses itu sampai selesai, meski memang ada beberapa kendala yang ditemukan.

“Jadi kalau dikatakan akan kehilangan kursi itu, saya selaku Ketua PKB tidak bisa menyatakan apa-apa karena masih proses perhitungan atau rekapitulasi tingkat PPK yang masih berjalan,”tuturnya.

Menururnya, siapa saja hari ini boleh mengklaim bahwa PKB akan kehilangan kursi. Bahkan ada yang mengatakan akan muncul orang baru atau pengganti. Itu pendapat yang sah-sah saja dari lawan atau Parpol lain, selama belum ada hasil yang final.

Apakah ada gambaran, dalam posisi sekarang, PKB meraih berapa suara untuk Dapil I, dia mengaku belum mengetahui pasti soal data itu.

“Kita tidak bisa menyampaikan berapa,  karena kita sekarang dalam posisi masih mengawal suara PKB untuk Dapil I ini. Saya tidak bisa mengatakan sekarang ini PKB dalam posisi berapa,”ujarnya.

Pada prinsipnya, pihaknya akan mengawal, karena sudah ada indikasi pelanggaran yang terjadi, khusus pada Dapil I. Dan itu menjadi temuan.

“Ada indikasi upaya menghilangkan suara PKB yang terjadi dibeberapa TPS pada Dapil I.

Namun yang pasti, untuk tiga Dapil lainnya, Dapil II, III san IV, PKB aman. Hanya saja ada potensi PSU dibeberapa TPS.

“Jadi untuk PKB, 3 kursi sudah aman, kita tinggal menjaga untuk kursi Dapil I yang ada incamben didalamnya,” pungkasnya.(S-25)