PIRU, Siwalimanews – Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten SBB menggelar uji kelayakan dan kepatutan bagi puluhan bakal calon anggota legislatif yang akan maju dalam pileg 2024 nanti.

Uji kelayakan terhadap 40 bacaleg ini dipusatkan di objek wisata D’Luku, Desa Gemba Kecamatan Kairatu, Kabupaten SBB, Selasa (7/3).

Mereka yang mengikuti uji kelayakan ini berasal dari perwakilan 5 daerah pemilihan yang tersebar di  11 kecamatan yakni, Kairatu-Kairatu Barat, Seram Barat-Taniwel, Taniwel Timur, Huamual, Huamual Belakang Kepulauan Manipa, dan Amalatu Elpa Putih serta Inamosol.

Sekterais Lembaga pemenangan pemilu LPP DPW PKB Maluku Muhajirin Syukur Maruapei disela-sela uji kelayakan itu mengatakan, uji kelayakan ini diselenggarakan PKB sebagai bagian dari serangkaian proses mulai tahap bacaleg hingga proses administrasi, dan proses ini akan berjalan terus untuk mendapatkan bacaleg yang kompoten sampai penetapan daftar calon tetap.

“Pelaksanaan ini juga sesuai dengan amanat Peraturan Partai Nomor 7 tahun 2022,” ungkap Maruapei.

Baca Juga: Banyak Pihak Mulai Peduli dengan Siswa Penderita Leukemia

Hal ini kata dia, dilakukan untuk menghasilkan bakal calon anggota legislatif yang berkompeten serta memiliki integritas dan komitmen yang siap bertarung untuk merebut suara, sehingga menghasilkan kursi yang ada di 5 dapil.

” Untuk itu PKB optimis meraih kursi di DPRD SBB, bahkan hingga kursi Ketua DPRD,” ucapnya.

Menurutnya, PKB optimis sebab ini merupakan hal yang wajar dalam berpolitik yakni merebut unsur pimpinan Ketua DPRD dengan melihat komposisi bacaleg yang ada. Untuk itu PKB yakin pertarungan di tahun 2024 PKB akan beri rahian yang luar biasa.

Ia berharap, yang terpenting dengan mengikuti UKK ini tidak sampai disini saja tetapi prinsip harus tetap bekerja dalam membangun kekuatan, jejaring, simpul, basis dengan sumber daya yang dimiliki jangan diam harus terus bekerja karena untuk meraih hasil yang maksimal tidak bisa pangku tangan.

Pasalnya, semua butuh kerja nyata dari para bacaleg di SBB, sebab target PKB terkahir adalah merebut unsur pimpinan DPRD,” tandasnya.(S-18)