AMBON, Siwalimanews – Direktorat Kepolisian Air dan Udara Polda Maluku menggelar patroli keamanan dan keselamatan pelayaran di sejumlah wilayah perairan di Maluku, Jumat (19/8).

Selain patroli pelayaran, personel Polairud juga mengunjungi masyarakat, baik nelayan, ABK maupun nahkoda kapal ikan maupun kapal penumpang dalam program basudara manise, yang merupakan salah satu program unggulan Kapolda Maluku.

Sejumlah perairan yang menjadi sasaran yaitu di Perairan Kota Ambon, Kabupaten Buru, Maluku Tengah, Kepulauan Aru dan sekitarnya.

Direktur Polairud Polda Maluku Kombes Harun Rosyid mengungkapkan, setiap crew kapal polisi yang dikerahkan melakukan pemeriksaan peralatan keselamatan di setiap alat transportasi laut yang dijumpai.

“Kami memberikan himbauan kepada ABK maupun nahkoda kapal agar senantiasa memperhatikan cuaca, kesehatan, maupun kelengkapan peralatan keselamatan kapal,” jelasnya.

Baca Juga: Pemkot Briefing CPNS dan P3K

Himbauan untuk melengkapi peralatan keselamatan dalam pelayaran kata Rosyid, sangatlah penting disiapkan, agar meminimalisir jatuhnya korban saat terjadi kecelakaan laut.

“Kami menghimbau agar nahkoda selalu menyiapkan alat-alat keselamatan di kapal dan memperhatikan cuaca ekstrim yang sering terjadi di wilayah perairan Maluku dan sekitarnya,” sebutnya.

Ia berharap, kegiatan patroli dalam hal ini melakukan pengawasan dan himbauan, dapat membuat masyarakat pesisir selalu berhati-hati pada setiap perjalanan menggunakan moda transportasi laut.

“Kami juga memberikan arahan terkait cuaca buruk yang akhir-akhir ini terjadi, memeriksa alat keselamatan, pengecekan life jacket serta memberikan informasi dan pencegahan wabah Covid-19 antara lain cuci tangan dengan bersih, selalu gunakan masker pada saat keluar rumah,” tandasnya. (S-10)