AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar memimpin rapat analisa dan evaluasi (Anev) Operasi Aman Nusa II Siwalima Tahun 2020 .

Kegiatan yang digelar di aula Rupatama Polda Maluku, Senin (20/7) turut dihadiri Wakapolda Brigjen Jan de Fretes, Irwasda serta para pejabat utama dan para kapolres dan kapolresta di jajaran Polda Maluku

Dalam anev tersebut kapolda minta kepada Polres MTB dan Aru untuk tetap mempertahankan zona hijau serta harus mensosialisasikan istilah new normal menjadi adaptasi kebiasaan baru dengan selalu berkordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 di masing-masing wilayah.

“Untuk t Ops Aman Nusa ini akan berakhir pada 31 Agustus, ini jadi perhtian kita terkait situasi pandemi Covid-19 yang merupakan perhatian Nasional. Kepada Polres MTB dan Polres Pulau Aru mohon agar dipertahankan Zona Hijaunya,” ujar kapolda.

Kapolda juga minta jajarannya, agar penyaluran bantuan sosial tetap dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran.

Baca Juga: 1,4 Miliar Ludes, Proyek Air Bersih Kudamati Mubazir

“Terus aktifkan Call Center/Hotline di masing-masing wilayah untuk menerima laporan masyarakat,” pinta kapolda.

Sementara terkait kedatangan Menkopolhukam beserta rombongan di Provinsi Maluku, ia juga minta agar menjadi perhatian dan dipersiapkan segala sesuatunya untuk rencana kedatangan pejabat negera tersebut.

“Bagi wilayah jajaran perhatikan kejadian-kejadian yang terjadi akibat ulah orang tak dikenal (OTK) agar segera diungkap dan diselesaikan jangan sampai mengganggu kamtibmas di masyarakat,” tegas kapolda.

Untuk kegiatan Duduk Bacarita Kamtibmas, menurut kapolda, ini merupakan program unggulan, sebab dengan program ini sangat berdampak baik bagi masyarakat serta mendapatkan kesan yang sangat positif.

Sedangkan menyangkut pilkada serentak yang akand ilaksanakan di empat daerah di Provinsi Maluku, Gakumdunya diminta untuk dapat melaksanakan tupoksinya dengan baik dan benar. Polri harus tampil netral dan selalu menjaga netralitas dalam setiap tahapan-tahapan pilkada.

“Sebagai pimpinan, kita harus memperhatikan dan sayang setiap anggota kita, karena dengan seperti itu, anggota kita akan memperhatikan dan sayang pada masyarakat. Untuk itu kita harus bisa menjadi contoh dan teladan yang baik,” tutup kapolda.(S-45)