AMBON, Siwalimanews – Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Dr Akmal Malik menyebutkan, pertumbuhan ekonomi lokal menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan

ketahanan dan kekuatan pembangunan daerah dalam menghadapi perbaikan ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang berdampak pada inflasi daerah maupun nasional.

“Pertumbuhan ekonomi lokal adalah usaha untuk meningkatkan ekonomi daerah yang berdasarkan potensi daerah, kondisi sosial, UMKM, investasi dan sumber daya manusia,” ujar Akmal dalam sambutanya saat mewakili Mendagri membuka seminar nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia tahun 2023, di Kota Palembang, Sumatera Selatan, tepatnya di Hotel Palembang, Rabu (7/6) kemarin.

Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi tersebut kata Akmal, dibutuhkan berbagai kegiatan, seperti investasi, sektor UMKM, kerjasama antar daerah serta peningkatan kualitas SDM sangat penting, dikarenakan sentra produksi dan distribusi yang berbeda dari setiap daerah berpotensi dapat dikerjasamakan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya menambahkan, pertumbuhan ekonomi melalui hilirisasi dengan kolaborasi antar pemda, wirausahawan, masyarakat lokal, dan pengusaha daerah serta pemberdayaan UMKM dan berkomitmen untuk menjaga iklim investasi yang sehat.

Baca Juga: Kasus Kepemilikan Senpi, Keterlibatan Aanggota DPRD SBB Masih Didalami

“Semua itu harus dapat dimaksimalkan dalam upaya mengoptimalkan sumber daya untuk pemulihan ekonomi daerah demi tercapainya pengendalian inflasi untuk dapat memberikan kesejahteraan dan manfaat bagi masyarakat,” ujar Bima Arya.

Selain itu kata Walikota Bogor ini, dalam menghadapi tahun politik saat ini yang mana merupakan agenda nasional menurut dia, diperlukan kolaborasi dari seluruh pihak, termasuk pemda agar pesta demokrasi dapat berjalan dengan kondusif.

Peran APEKSI yang merupakan wadah bagi pemerintah kota seluruh Indonesia, mempunyai peran sangat besar untuk dapat memberi kontribusi guna bersinergi dalam menumbuhkan ekonomi nasional agar pengendalian inflasi dapat terwujud.

Ditempat yang sama, Walikota Palembang H Harnojoyo mengaku, pihaknya merasa terhormat dan bangga diberi kepercayaan menjadi tuan rumah gelaran HUT ke-23 di Kota Palembang. Dimana momen ini juga sekaligus memperkenalkan lebih jauh Kota Palembang kepada semua kota di Indonesia.

“Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh tamu undangan yang hadir. Kami berharap semua rangkaian acara berjalan baik, dan semua peserta bisa menikmati kenyamanan selama berada di Kota Palembang. Pemkot Palembang memohon maaf bila ada ketidaknyamanan sepanjang gelaran kegiatan ini,” ujarnya.(S-25)