AMBON, Siwalimanews – Personil Subden 3 Kimia Biologi dan Radioaktif (KBR) Detasemen Gegana dibawah pimpinan Ipda A Manullang kembali melakukan patroli berupa, penyemprotan disinfektan dan himbau kepada masyarakat, Sabtu (4/7).

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk upaya Personil KBR membantu peme­rin­tah daerah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Ambon.

Patroli yang dilakukan 10 personil KBR menyampaikan himbauan kepada mas­yarakat, baik itu tukang ojek, pedagang, masyarakat, serta para pemilik toko agar tetap melaksanakan protokol kesehatan  dengan tetap memakai masker saat di luar rumah,  selalu cuci tangan dengan sa­bun, serta tidak berkumpul dalam jumlah banyak dan selalu menjaga jarak,” jelas Pasie Ops Detasemen Gegana Sat Bri­mobda Polda Maluku Ipda A Manullang dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalima, Jumat (3/7).

Sementara untuk aksi penyem­protan cairan disinfektan kali ini dilakukan di Pasar dan pangkalan ojek Rumatiga, Halte pertamina Waiyame, pangkalan ojek dan speed boat Waiyame, pangkalan ojek dan speed Kota Jawa, kawasan per­tokoan dan swalayan serta pemukiman penduduk di Waiyame dan lapak PKL di Desa Poka. “Penyemprotan ini dilakukan secara rutin untuk membantu pemerintah da­lam rangka pencegahan penyeba­ran Covid-19 di Kota Ambon,” tandas Manullang.

Pada hari yang sama pula tiga personil Detasemen Gegana diterjunkan di Dusun Karanjang Desa Waiyame dan Dusun Air Ali Desa Rumatiga untuk membantu personil TNI AD dalam menyukseskan program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) dengan membangun jalan setepak di kedua dusun itu.

Baca Juga: Tingkatkan Karakter dan Spiritual, Brimob Gelar Binrohtal

Kawasan Publik Disemprot

Untuk mencegah penyebaran Virus Corona Disease atau Covid-19 semakin meluas, Satuan Brimob Polda Maluku melakukan penyemprotan pada sejumlah kawasan publik dan rumah ibadah di Kota Ambon, Jumat (3/7).

Kawasan publik yang disemprot yaitu, Rumah Sakit Al-Fatah, Pasar Tagalaya, pertokoan di sepanjang Jalan Said Pe­rintah, Kantor Pos, pertokoan disepan­jang Waihaong, pangkalan ojek dan becak Tanah Tinggi serta Kapahaha dan tribun Lapangan Merdeka.

10 personil Kimia Bilogi Radioaktif (KBR) Detasemen Gegana dibawah pimpinan, Ipda A Manullang juga mela­kukan penyemprotan di Masjid Raya Al-Fatah dan sejumlah lokasi pemukiman penduduk di Kota Ambon yaitu, kawasan pemukiman penduduk di Batu Gantung Ganemo, kawasan pemukiman pendu­duk di Batu Gantung Waringin serta pemukiman pendsuduk di Soa Bali.

Selain penyemprotan, Manullang juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat, agar tetap melaksanakan protokol kesehatan serta pemetaan lokasi dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kita sampaikan himbauan kepada masyarakat dimana kita datangi untuk semprot disinfektan, agar tetap mema­kai masker saat di luar rumah, selalu cuci tangan dengan sabun, dan tidak ber­kumpul dalam jumlah banyak dan selalu menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain,” jelas Pasie Ops Detasemen Gegana Sat Brimobda Polda Maluku Ipda A Manullang dalam rilisnya yang dite­rima redaksi Siwalima, Jumat (3/7).

Menurutnya, aksi penyemprotan disin­fektan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Brimob Maluku, semen­jak adanya wabah Covid-19 di Maluku dan Kota Ambon khususnya. (S-21)