AMBON, Siwalimanews – Personil Polda Maluku diberikan penghargaan dari Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dan Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif untuk mengikuti sekolah inspektur polisi tahun 2022.

Belasan personel yang diberikan penghargaan berpangkat Aiptu dan Bripka karena dinilai telah bekerja melayani masyarakat secara baik melebihi panggilan tugas pokoknya.

“Yang mendapat penghargaan dari bapak Kapolri 10 orang dan dari pak Kapolda 3 orang,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Roem Ohoirat kepada wartawan di Ambon, Rabu (2/3).

Ohoirat menjelaskan, dari Polda Maluku yang dinyatakan lulus terpilih seleksi SIP tahun 2022, berjumlah 39 orang, dimana 26 diantaranya mengikuti tes melalui jalur reguler, Bhabinkamtibmas dan SPN/Lemdik.

“Untuk yang lulus secara reguler berjumlah 23 orang, 3 diantaranya adalah polwan. Sementara Bhabinkamtibmas 2 dan SPN/Lemdik 1 orang,” jelasnya.

Baca Juga: Lawan Covid dengan Minyak Kayu Putih

Lanjutnya mereka yang mendapat penghargaan diusulkan oleh pimpinan satker, kemudian dilakukan penilaian, penelitian berkas, bukti-bukti, termasuk mengecek secara langsung di lapangan.

“Tim mewawancarai para tokoh masyarakat terkait kinerja anggota yang mendapat penghargaan itu, apakah layak atau tidak. Setelah itu tim Wanjak memutuskan dan mengusulkan kepada bapak Kapolri untuk menentukan penerima penghargaan,” pungkasnya.

Ohoirat menegaskan, setiap personel yang bekerja dengan hati melayani masyarakat dan berperilaku baik, akan mendapatkan penghargaan atau reward, begitupun sebaliknya bagi anggota yang melakukan pelanggaran sekecil apapun, maka mereka akan mendapatkan sanksi.

“Jadi tinggal pilih, apakah mau bekerja dengan baik atau mau lakukan pelanggaran,” tandasnya. (S-10)