AMBON, Siwalimanews – Guna mempererat keharmonisan dalam bingkai kebersamaan antars esama pegawai, maka Pemerintah Kota Ambon menggelar halal Bi Halal yang dipusatkan di Islamic Center, Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Rabu (10/5).

Kegiatan yang berlangsung dibawah sorotan tema Dengan Mempererat Silaturahmi, Kita Tingkatkan Solidaritas dan Solidaritas Untuk Kasih Vor Ambon itu dibuka oleh Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena.

Walikota dalam smabutannya mengatakan, hal bi halal sudah menjadi tradisi di Indonesia yang bermakna untuk menciptakan keharmonisan antara sesama manusia dan merupakan suatu bentuk aktivitas yang mengantarkan para pelakunya untuk meluruskan benang kusut, menghangatkan hubungan, menyelesaikan kesulitan dan problem merenggangkan hubungan.

Sehingga halal bi halal ini menjadi sebuah kebutuhan yang penting dalam upaya merajut dan mempererat hubungan persaudaraan dan kebersamaan antara individu, keluarga, lembaga pemerintah dan masyarakat.

“Untuk itu halal bi halal perlu untuk terus dilaksanakan karena dapat menjadi momentum yang tepat untuk membangkitkan semangat kerja yang merajut kebersamaan terutama dalam tugas pengabdian dan pelayanan bagi Kota Ambon yang kita cintai bersama,” ujar walikota.

Baca Juga: Diduga, Cafe Queen di Namrole Pekerjakan Anak Dibawah Umur

 Hal bi halal Pemerintah Kota Ambon tahun ini kata walikota, begitu istimewa dan bersejarah, karena tepat di hari ini, Rabu (10/5) sama-sama saksikan peresmian dan lahirnya Majalis Taklim binaan pemkot untuk pertama kalinya, yang dinamakan Majalis Taklim Al-Madina.

“Oleh karena itu, lewat kesempatan ini, saya ucapkan selamat dan sukses atas di lantiknya serta diresmikan kepengurusan Majalis Taklim Al- Madinah Pemkot Ambon masa bakti 2023- 2026,” ujar walikota.

Menurutnya, menjalani satu tahun masa tugasnya sebagai pemimpin di kota ini, telah banyak langkah penting dan strategis yang dilakukan terutama dalam menunjang 11 program prioritas Penjabat Walikota Ambon melalui program inovasi  Pemerintah Kota Ambon.

Selain itu, penyelesaian hutang pihak ketiga yang menjadi beban APBD, pembenahan pengelolaan keuangan daerah, peningkatan pendapatan daerah, peningkatan kualitas pelayanan publik di berbagai sektor, peningkatan partisipasi masyarakat, dan umat beragama dalam pembangunan serta pengendalian inflasi dan pengendalian penyebaran pandemi Covid-19.

Untuk itu melalui momentum ini walikota mengajak seluruh komponen masyarakat di kota ini tetap bersatu padu dan terus memperkokoh kerja sama dan kebersamaan dalam tugas pelayanan dan pengabdian dalam membangun kota ini.

Kota Ambon merupakan entitas keberagaman dan keberagaman mendatangkan maaf yang besar, namun bisa menjadi pemicu konflik yang dapat merugikan masyarakat jika tidak dikelola dengan baik. Implementasi dari sikap toleransi, dan pemeliharaan kerukunan tersebut, perlu ditonpang dengan karakter masyarakat yang berahlak mulia, melalui peningkatan nilai-nilai spiritualitas keagamaan itu sendiri.

“Mari kita mengikuti hikmah halal bi halal secara baik dan makna yang terkandung di dalam dapat kita resapi dan dipraktekkan dalam tugas keseharian kita. Semoga dengan halal bi halal di hari ini turut membawa keberkahan untuk pemerintah dan masyarakat, agar semakin maju, aman, nyaman, indah sehat, dan sejahtera, itulah Ambon Manise,” ucap walikota.(Mg-1)