AMBON, Siwalimanews – Hingga pertengahan De­sember 20203 ini, pekerjaan pengaspalan jalan dan perbaikan saluran drainase di kawasan Terminal Mar­dika Ambon mandek dan belum juga dilanjutkan.

Padahal, target awal pro­yek jalan ini akan selesai dikerjakan sebelum mema­suki Natal 25 Desember 2023. Namun hari perayaan Natal yang tinggal beberapa hari lagi, belum ada tanda-tanda pekerjaan lanjutan.

Sementara diketahui, pro­yek milik Dinas Perhubung­an Kota Ambon senilai Rp1,7 miliar itu harus selesai dalam tahun ini.

Sehubungan dengan proyek dimaksud, janji Ko­misi III DPRD Kota Ambon untuk mengundang pihak-pihak terkaitpun belum dilakukan.

Sementara kondisi terkini kawasan Terminal Mardika pasca dibongkarnya saluran drai­nase, dibiarkan menganga, dan berpotensi menimbulkan kecelakaan bagi pengguna jalan yang ber­aktivitas di kawasan tersebut.

Baca Juga: Pelni Ambon Sediakan Layanan Mudik Gratis

Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Yan Dominggus Suitela yang dikonfirmasi Siwalima via telepon selulernya, Selasa (19/13) mengatakan, hingga saat ini, masih menunggu hasil uji aspal oleh pihak Balai Jalan.

“Hasil uji aspal belum keluar. Katanya antri karena banyak juga yang lakukan uji,” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya tetap optimis pengaspalan maupun perbai­kan drainase pada kawasan Terminal Mardika akan selesai dalan tahun ini.

“Kita optimis selesai dalam tahun ini sesuai agenda. Karena untuk pengaspalan itu hanya butuh waktu sekitar satu minggu, jadi bisa dan sambil menunggu hasil uji, sekarang sementara dikerjakan untuk drai­nase,”ujarnya. (S-25)