Pandemi virus Corona belum berakhir. Ketidakpatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan, justru mengakibatkan angka penularan virus mematikan ini semakin terus meningkat.

Di Kota Ambon penyebaran virus corona terus melejit dan belum mampu diredam oleh berbagai bentuk kebijakan yang dilakukan Pemkot Ambon melalui Gugus Tugas Percapatan Penanganan Covid-19,

Ambon masih zona merah. Pemkot Ambon akhirnya memutuskan perpanjangan Pembatas Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi tahap VI ke tahap VII.

Selain banyak warga yang terpapar Covid-19 tetapi angka kematian juga masih terus bertambah. Hal ini yang menjadi salah satu indikator PSBB Transisi di Ambon masih diperpanjang.

Sesuai data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Ambon tercatat jumlah suspek dan Positif sebanyak 1.510 orang. Untuk suspek 362 orang, terkonfirmasi positif 1.148 orang. Total kasus di Kota Ambon 2.767 orang yang masih dirawat 1.148 orang, sembuy 1.589 orang dan meninggal 30 orang.

Baca Juga: Desakan Usut Mark Up di Satgas Covid

Langkah pengambilan swab tes di lingkungan OPD di Pemkot Ambon merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan Covid-19 di wilayah perkantoran.

Langkah ini juga harus terus dilakukan untuk mencegah jangan sampai ASN menjadi kurir penyebaran virus Corona. Kebijakan apapun yang dilakukan Pemkot Ambon melalui gugus tugas namun jika tidak bersinergi dengan masyarakat, maka upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Ambon akan semakin sulit.

Karena itu, sinergitas masyarakat dengan Pemkot Ambon harus terus dibangun. Masyarakat memilki peranan penting untuk terus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan menjalankan 4M yaitu, wajjb menggunakan masker, wajib cuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

4 M ini merupakah langkah penting yang wajib disiplin dilaksanakan oleh masyarakat sekaligus masyarakat juga memiliki tanggung jawab di tengah kondisi pandemi ini dengan mengingatkan sesamanya agar tetap disiplin protokol kesehatan.

Hanya dengan cara ini upaya bersama Pemkot Ambon dan masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 bisa dilakukan.

Posko gugus tugas yang sudah dibentuk di tingkat desa/kelurahan harus juga terus dibangun sinergitasnya, dan diwasi agar berperan juga secara aktif di masyarakat. Kita berharap dengan upaya bersama Pemkot Ambon bersama masyarakat angka penyebaran orang yang terpapar virus corona semakin ditekan dan keinginan untuk kembali normal atau menuju ke tatanan baru juga terwujud.