AIR merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup terutama bagi manusia. Air sebagian besar tedapat di lautan dan pada lapisan-lapisan es di kutub. Gerakan aliran air ada di permukaan tanah, di dalam tanah, dan di udara. Air merupakan senyawa kimia yang sangat penting dan tidak dapat digantikan oleh senyawa lainnya.

Air sangat penting bagi manusia, di sejumlah tempat di dunia terjadi kelangkaan air karena banyak orang yang belum tahu cara mengelola air dengan benar.

Adanya kelangkaan air akan semakin parah jika tidak segera dilakukan penanganan lebih lanjut, tentunya, jika penanganan kelangkaan air tidak dilakukan maka dapat menghambat perkembangan di suatu wilayah.

Manusia memerlukan air terutama air bersih, air bersih akan mengalami keterlangkaan jika tidak ada cara pengolahannya.

Sama halnya dengan masyarakat di Kawasan  Farmasi Atas Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Baca Juga: Ancaman Pemilu di Aru

Bertahun-tahun, mereka  tidak memperoleh air bersih. Masyarakat hanya bergantung pada sumber mata air yang terletak di Kawasan Alinong, di bawah gunung Kesia, Kudamati Fasmasi Atas. Namun, jika sumber air tersebut mengalami kerusakan maka masyarakat setempat tidak bisa memperoleh air bersih. Hal inilah yang mesti menjadi perhatian serius pemerintah Kota Ambon.

Pemerintah Kota Ambon, telah membentuk tim distribusi air bersih bagi masyarakat di Kawasan Farmasi Atas, Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe, guna mengantisipasi kondisi kekeringan tahun 2024. Tim ini dibentuk berdasarkan keputusan Walikota setelah dilakukan pembahasan bersama beberapa pimpinan-pimpinan OPD termasuk Kepala Dinas PUPR, yang mana tim ini dibentuk lantaran berbagai laporan atau aduan dari masyarakat di beberapa tempat terkait dengan kesulitan memperoleh air bersih.

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena telah mengeluarkan surat keputusan terkait dengan kondisi ekstrim di Kota Ambon selama beberapa bulan terakhir sehingga mengakibatkan debit air menjadi berkurang. Faktor ini juga yang membuat masyarakat kesulitan memperoleh air bersih, termasuk di Farmasi Atas.

Ternyata kondisi di Farmasi Atas, warga yang kesulitan air bersih bisa jadi lantaran pembagian air dari pengelola kurang merata. Akibatnya, ada warga yang kesulitan memperoleh air bersih.

Sebab masyarakat lain yang ada di Farmasi Atas juga ada yang memperoleh air dengan lancar dari pengelola sumber air. Sementara ia menduga bisa saja ada pembagian yang tidak merata bagi konsumen.

Kendati begitu, nantinya pemerintah Kota akan melihat apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.  Maka dengn juga adanya keputusan walikota terkait distribusi air bersih, maka diharapkan dapat membantu masyarakat kedepannya.

Air bersih sangat dibutuhkan bagi manusia karena air bersih adalah sumber kebutuhan bagi manusia terutama untuk minum. Selain untuk minum ada juga untuk mencuci, menyiram tanaman, mandi, masak, keperluan industri, keperluan pertanian dan peternakan. Oleh karena itu, air bersih sangat berfungsi dan juga berperan penting dalam kehidupan manusia dan juga makhluk hidup. Karena pentingnya air bersih maka kita harus bijak dalam menggunakannya agar keseimbangan alam tetap terjaga. Jika kita tidak dapat menjaga kebersihan air bersih maka dapat menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. Setiap manusia harus bijak dalam menggunakan air bersih karena bisa saja air bersih mengalami keterlangkaan. Jika mengalami keterlangkaan air bersih, maka dapat mengakibatkan banyaknya orang yang berebut air bersih dan banyak kegiataan yang menggunakan air bersih tidak dapat dilakukan. Air bersih merupakan sumber daya alam berupa air yang berkualitas tinggi. Digunakan oleh manusia untuk kehidupan sehari hari. (*)