AMBON, Siwalimanews – Pengurus Persatuan Warta­wan Indonesia Provinsi Maluku periode 2023-2028, dikukuhkan. Pengukuhan berlangsung, di lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Jumat (5/5).

Para Pengurus PWI dikukuh­kan oleh Ketua PWI Pusat, Atal Depary berdasarkan Surat Kepu­tusan Nomor 4474.

Sebelumnya, puluhan Pengu­rus ini diangkat dan disahkan berdasarkan Surat Keputusan Ketua PWI Pusat nomor 473-PGS/PP- PWI/2203 tentang Pe­ngesahan Pengurus PWI Pro­vinsi Maluku.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Pusat mengatakan, pihak­nya bersyukur karena PWI Maluku kini telah memiliki kantor permanen. Dengan demikian, pihaknya  berha­rap, ada perhatian pemerintah untuk dapat membantu PWI Maluku dalam penyediaan keperluan terkait sarana dan prasarana dari kantor itu sendiri, sehingga itu juga mendukung kerja-kerja PWI, terutama dalam meng­hadapi Pemilu 2024 sebagai warta­wan yang independen.

“Saya mau berpesan bahwa komit­men dan konsistensi, ada dipundak kita. Untuk itu, sebagai organisasi pers, kita harus senantiasa memper­taruhkan aspek kehormatan dan etika,” ujarnya.

Baca Juga: Agung Pambudi Jabat Kasdam Pattimura 

Sementara itu, Ketua PWI terpilih Alex Sariwating dalam sambutannya usai pengukuhan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu jalannya kon­fe­rensi ini, hingga terpilihnya kepe­ngurusan PWI yang baru periode 2023-2028.

Sariwating menegaskan, akan mengobati “luka” ditubuh PWI dan menjadikan PWI Maluku semakin maju. Dia juga meminta dukungan se­mua pihak, pemerintah daerah untuk turut mendukung dan membentu kerja-kerja PWI sebagai organisasi Pers di Maluku.

“Kita sudah boleh memiliki kepe­ngurusan baru dengan itu jika ada salah dalam kepemimpinan saya, te­gur saya. Mari bersama-sama mem­ba­­ngun organisasi ini lebih baik kedepannya,”tuturnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Setda Maluku, Piter Rangkoratat memberikan apre­siasi atas terlaksana hingga terpilih­nya kepengurus PWI Maluku yang baru. “Selamat kepada kepengu­rusan PWI yang baru. Kiranya amanah yang ada dipundak saudara sekalian, dapat dijalankan dengan baik se­bagai wujud manifestasi terhadap bangsa dan negara, juga daerah ini,” harapnya.

Kiranya, ini menjadi momentum strategis untuk menataan tugas dan ta­nggungjawab dalam rangka me­wujudkan visi dan misi organisasi kedepan.

“Kami juga memberikan penghar­gaan yang tinggi kepada PWI Ma­luku yang selama ini turut mem­bantu tugas-tugas pemerintah dae­rah. Dengan demikian saya berha­rap, PWI dapat menjadi mitra pemerintah, serta dapat memberikan masukan dan saran yang progresif,” harapnya.

Dia menambahkan, bahwa dite­ngah derasnya arus informasi saat ini, kiranya PWI dapat melakukan respinsif data serta mengedepankan etika jurnalistik dakam menjalankan tugas-tugasnya.

Untuk diketahui pengurus harian PWI Maluku periode 2023-2028 di­ketuai oleh Alex Sariwating dibantu 6 wakil ketua yaitu, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Mochtar Touwe, Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Sherly Lootje Pattipawae, Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Ronny Z Samloy, Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan, Juslan Idris, Wakil Ketua Bidang Kerja Sama, Maria Leunupun dan Wakil Ketua Bidang Siber & Multimedia, Christian Rahanra.

Sekretaris Christian M Ra­han­ra,Wakil Sekretaris James JF Ayal, Wakil Sekretaris Frangky Lekeneny. Bendahara Risky Sohilait, Wakil Bendahara, John Tuturup. Dan di­bantu oleh 8 seksi yaitu, Seksi War­tawan Olahraga diketuai Batseba Warlauw, seksi Wartawan Ekonomi dan Kesejahteraan diketua, Januaris Fase, seksi wartawan pendidikan, pa­riwisata, seni budaya diketuai Ivonne Weflaar, seksi wartawan Hu­kum, HAM dan Keamanan diketuai Jossy Linansera.

Selanjutnya seksi Wartawan Per­tanian, Kehutanan dan Maritim dike­tuai Dominggus Kilikily, seksi war­tawan Infrastruktur & Perhubu­ngan diketuai Iskandar Pentury, seksi Wartawan Pertambangan, Migas dan Lingkungan Hidup diketuai Christirold Hukunala dan terakhir seksi wartawan elektronik, Doku­mentasi & Publikasi diketuai Ste­vano Lilinger. (S-25)