AMBON, Siwlaimanews – Sempat kabur usai terlibat kecelakaan yang menewas­kan Josepina Sohilait, nenek 78 Tahun di Desa Allang, Saiful Wabula, pengemudi sepada motor naas tersebut akhirmya dibekuk Polsek Leihibar, Minggu (5/2).

Ps Kasi Humas Polresta Ambon, Iptu Moyo Utomo mengatakan, Saiful Wabula diamankan setelah Polsek Lei­hitu Barat (Leihibar) ber­koor­dinasi dengan pihak keluarga memonitoring kebe­radaan warga Negeri Lima, Keca­matan Leihitu, Kabupa­ten Malteng ini.

Polisi juga melakukan pe­lacakan keberadaan pelaku melalui nomor kontak telephone genggamnya yang diberikan pihak keluarga.

“Awalnya saat melacak HP yang bersangkutan tidak aktif, baru sekitar pukul 23.00 WIT HP-nya aktif, sehingga personil menghubungi yang bersangkutan, sempat diang­kat dan ada pembicaraan, namun pengemudi berkilah berada di Kebun Cengkeh, padahal saat dilacak yang bersangkutan sementara berada di Wakasihu,” jelas Moyo.

Tak lama kemudian, Polisi kembali berkoordinasi dengan pihak ke­luarga, oleh keluarga mengatakan pelaku telah sampai kerumah dan akan segera diantar ke Polsek.

Baca Juga: Jaksa Tetapkan 6 Tersangka Korupsi SPPD Fiktif

Namun mempertimbangkan pe­laku yang kemungkinan akan kem­bali kabur, pihak SPKT Polsek Lei­hibar yang mendapat informasi langsung mengambil inisiatif untuk mengamankan Saiful di kedia­mannya di Negeri Lima.

“Sekitar 03.00 WIT dini hari Saiful telah diserahkan ke Piket Lantas Polresta Ambon guna proses hukum selanjutnya,”tandas Moyo.

Nenek 78 Tahun Meninggal

Kecelakaan lalu lintas kembali merenggut nyawa. Kali ini kecela­kaan tunggal yang terjadi diruas jalan Negeri Alang, Kecamatan Leihitu Barat (Leihibar), Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (4/2) mene­waskan nenek 78 tahun bernama Josephina Sohilat.

Ps Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Iptu Moyo Utomo dalam rilisnya yang diterima Siwalima, Minggu (5/2) menjelaskan, kecelakaan bermula ketika korban yang dibonceng Saiful Wabula dengan sepeda motor Su­zuki Axelso warna Hitam Merah de­ngan nomor polisi DE 2709 AT bergerak dari arah Negeri Asilulu melewati Negeri Allang hendak ke Kota Ambon.

Dalam perjalanan atau tepatnya di Kompleks Tanusang Soa Siwalette Negeri Allang, sepeda motor yang dikendarai Saiful tidak dapat menaiki jalan tanjakan, dikarenakan porse­neling motor tidak bisa berfungsi dengan baik.

Akibatnya motor yang ditumpa­ngi keduanya tergelincir turun, hingga korban jatuh dan kepala korban terbentur aspal.

“Saat kejadian kepala korban ter­bentur aspal sehingga menge­luarkan banyak darah, pengemudi yang meli­hat kondisi korban panik, ditambah banyak warga yang ber­larian menuju TKP, yang membuat pengemudi  melarikan diri,”jelas Moyo.

Warga yang tiba di TKP lalu me­ngevakuasi korban dan memberikan pertolongan medis. Hanya saja pen­darahan hebat membuat nyawa korban tidak tertolong.

Polsek Leihibar yang mendapat laporan lalu bergegas menuju TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi.

Polisi juga kini telang meng­antongi Identitas pengemudi yang melarikan diri usai kecelakaan.

“Identitas dan tempat tinggal pengendara sudah diketahui. Pihak keluarga pengemudi sudah sampai­kan jika pengemudi kembali pihak keluarga akan segera menghubungi Polsek,”ujarnya.

Pihak Polsek Leihibaf juga mem­berikan himbauan kepada masya­rakat sekitar tempat tinggal korban maupun keluarga korban agar tetap tenang dan tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan serta me­nyerahkan penanganan permasa­lahan laka lantas ini  kepada pihak kepolisian. (S-10)