AMBON, Siwalimanews – Masa pendaftaran calon Penjabat Gubernur Maluku secara resmi ditutup dan Panitia Kerja Penjaringan siap melakukan seleksi terhadap lima nama calon yang telah resmi mendaftar.

Ketua Panja Penjaringan Calon Penjabat Gubernur Maluku Jantje Wenno menjelaskan, sejak pendaftaran dibuka pada, Senin (20/11) hingga hari penutupan, panja telah menerima lima nama calon yang mendaftar, yakni Rektor Unpatti Prof Dr MJ Sapteno, Prof Dr Zainal Abidin Rahawarin Rektor IAIN, Deputi Bidang Operasi Keamanan Cyber dan Sandi Negara Mayjen TNI Dominggus Pakel, serta Olivia Latuconsina Wakil Ketua Komnas Perempuan dan Jufri Rahman Staf Ahli Menpan-RB Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah.

“Jadi sudah ada 5 nama dan tahap selanjutnya dari hasil rapat panja kita akan memilih 3 nama dari 5 nama yang ada untuk diusulkan ke Kemendagri sebelum batas waktu tanggal 6 Desember 2023,” ujar Wenno kepada wartawan saat konferensi pers di Baileo Rakyat Karang Panjang, Sabtu (25/11) usai menutup tahapan pendaftaran calon penjabat gubernur.

 

DPRD kata Wenno, mengagendakan paripurna penentuan tiga nama penjabat gubernur yang nantinya diusulkan ke Kemendagri pada 30 November mendatang. Ia juga menepis sejumlah isu berkaitan dengan keputusan DPRD memperpanjang waktu pendaftaran untuk calon tertentu.

Baca Juga: Sapteno, Rahawarin dan Pakel Daftar Calon Penjabat Gubernur

Menurutnya, perpanjangan waktu pendaftaran semata-mata karena adanya surat Mendagri terkait batas waktu penyampaian usulan tiga nama calon penjabat, sehingga diputuskan agar membukakan ruang bagi siapa saja untuk mendaftarkan diri. (S-20)