AMBON, Siwalimanews – Pendaftaran bakan calon legislatif ke kantor Komisi Pemilihan Umum, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten kota di Maluku.

Di KPU Maluku, baru PKS yang mendaftar pertama bacaleg mereka. Hal yang sama juga terjadi di KPU Kabupaten SBB, KPU Buru, sementara di KPU KKT hingga kini belum ada yang mendaftar.

Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangu kepada wartawan, Senin (8/5) mengaku yang pertama memenuhi undangan mendaftar di KPU Maluku yakni DPW PKS Maluku.

“Mereka mengajukan 45 bacaleg dari 7 dapil yang akan memperebutkan 45 kursi DPRD Maluku,” kata Kubangun.

Sementara itu di KPU Buru juga menjadi kontestan yang mendaftar pertama pada, Senin (8/5)

Ketua KPU Buru Munir Soamole mengaku setelah menerima berkas pendaftaran dan diperika, dipastikan semuanya lengkap.

“KPU Buru menyatakan berkas PKS lengkap dan diterima, sehingga dilanjutkan dengan penyerahan berita acara,” ujarnya.

Sedangkan di KPU Seram Bagian Barat juga sama, dimana PKS jadi partai yang pertama mendaftar.

Ketua KPU SBB Syarif Hehanusa menjelaskan, hingga dibukanya pendaftaran baru satu partai politik yang mendaftar yakni PKS, sedangkan partai lain baru akan menyusul di tanggal 12 Mei.

“Saya himbau kepada parpol lebih baik dari awal, jangan di injury time pada tanggal 14, karena jika ada syarat-syarat yang belum lengkap maka akan dikembalikan untuk diperbaiki,” tegasnya.

Belum Ada Pendaftar

Berbeda dengan kabupaten lain, di KPU Kabupaten Kepulaan Tanimbar sampai hari ini, belum ada partai yang mendaftarkan bacalon.

“Sampai saat ini belum ada partai yang mendaftarkan bakal calon legislatif mereka,” terang Ketua KPUD Tanimbar Regen Lartutul saat dikonfirmasi Siwalima, Senin (8/5).

Ia mengaku ada beberapa partai yang sudah menginformasikan akan mendaftar namun hingga kini pun belum hadir di Kantor KPU.

Anakotta Ikut Daftar

Novita Anakotta kembali mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPD dari dapil Maluku.

Pendaftaran Anakotta resmi diterima KPU Maluku, Senin (8/5) dan diterima oleh Ketua KPU, Syamsul Rifan Kubangun didampinggi Komisioner Almunadsir Sangadji dan Abdul Khalil Tianotak.

Ketua KPU, Syamsul Rifan Kubangun mengaku setelah melakukan pemeriksaan berkas bacalon DPD dapil Maluku atas nama Novita Anakotta lengkap.

“Setelah kami pemeriksaan dokumen KPU menyatakan menerima berkas pendaftaran Novita Anakotta sebagai bakal calon anggota DPD dan selanjutnya akan dilakukan verifikasi administrasi,” ujarnya. (S-20/S-15/S-18/S-26)