AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Provinsi  Maluku menggelar peringatan ke-205 tahun Pahlawan Nasional Martha Christina Tijahahu.

Peringatan yang digelar dalam satu upacara di Monumen Martha Christina Tijahahu, Karang Panjang, Ambon, Senin (2/1) berlangsung dibawah sorotan tema Membangun Perempuan Maluku yang Cakap Digital di Era Milenial.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, sementara Kompol Meytha Zamuri dipercayakan sebagai komandan upacara.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Pangdam XVI Pattimura menuturkan, sesuai yang disampaikan almrhum Presiden Soekarno bahwa, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, maka dihari ini, Senin (2/1) diperingati untuk dikenang segala jasa dan perjuangan yang telah dilakukan oleh  pahlawan nasional Martha Christina Tijahahu.

“Atas nama pemda beserta seluruh masyarakat Maluku, saya sampaikan terima kasih, sekaligus berikan apresiasi, serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala jasa dan perjuangan yang telah dilakukan oleh  pahlawan nasional Martha Christina Tijahahu, dan kepada keluarga dan ahli waris almarhumah, ini adalah sebuah kebanggaan turun-temurun bagi keluarga, yang patut disyukuri,” ucapnya.

Baca Juga: Walikota: 22 Mei Masa Jabatan Saya Berakhir

Kepada para generasi penerus, dengan melihat perjuangan sang pahlawan, maka miliki dan tanamkanlah sikap siap berkorban demi kepentingan yang lebih besar, seperti yang dilakukan para pahlawan nasional. Selain itu, tanamkan dalam diri masing-masing selaku generasi, nilai moral dan karakter.

“Belajar dari Martha Christina Tijahahu, maka perempuan Maluku harus mampuh menunjukan jati diri sebagai generasi bangsa yang punya kompetensi, kapasitas dan mampu bersaing dengan perempuan di daerah lain, termasuk penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologj di era industrialisasi 5.0 ini. Karena itu yang sebenarnya ingin diwariskan kepada generasi masa kini maupun generasi masa depan Maluku,” tandasnya.

Ia berjanji, Pemprov Maluku, akan terus bekerja keras demi peningkatan SDM, khususnya bagi anak-anak muda Maluku dalam mengikuti berbagai keahlian dan keterampilan, sehingga semakin profesional, kreatif dan mandiri.

“Kita tidak ingin pegorbanan yang dilakukan Martha Christina Tijahahu mubazir. Oleh karena itu, pemprov bertekad memajukan generasi muda Maluku menjadi generasi yang cerdas intelektual, spritual dan juga cerdas emosional,” janjinya.

Untuk diketahui, sebelumnya juga telah dilakukan upacara tabur bunga yang dipimpin Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif di Dermaga Irian Lantamal IX Halong, yang turut diikuti oleh Danlantamal IX Ambon, Brigjen (Mar) Said Latuconsina, Wakil Ketua DPRD Maluku Azis Sangkala, dan sejumlah pimpinan OPD di jajaran Pemerintah Provinsi Maluku, serta jajaran pimpinan TNI dan Polri. (S-25)