AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Maluku Edison Sarimanela, mengingatkan Pemerintah Provinsi Maluku untuk memperhatikan kualitas dan profesionalitas panitia seleksi sekda.

Hal itu disampaikan Sarimanela kepada Siwalimanews di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (22/7) merespon persiapan Pemerintah Provinsi Maluku dalam menentukan panitia seleksi calon Sekda Maluku.

Menurutnya, jabatan sekda merupakan jabatan yang sangat penting untuk menata birokrasi dalam membantu kerja gubernur dan wakil gubernur menjalankan roda pemerintahan di Maluku.

Strategisnya jabatan ini membuat orang-orang yang nantinya duduk dalam panitia seleksi juga harus betul-betul orang yang independen, profesional serta memiliki kualitas dan kapabilitas dalam merekrut calon.

“Kami berharap gubernur dapat menempatkan orang yang profesional dan berkualitas dalam panitia seleksi, karena berkaitan dengan masa depan daerah,” pinta dia.

Baca Juga: Polsek Waesama Berbagi dengan Lansia

Sarimanela menegaskan, Komisi I tidak mencampuri urusan seleksi sekda karena merupakan hak prerogatif gubernur, tetapi sekda yang nanti terpilih, harus memiliki sumberdaya yang mumpuni. Selain itu panitia seleksi juga harus benar-benar terbebas dari intervensi apapun, agar sekda yang terpilih dapat mengakomodasi semua kepentingan masyarakat.

“Ini kan soal tugas sekda yang tidak mudah, maka pansel sekda harus kerja sesuai dengan aturan yang berlaku, artinya tidak boleh ada diskriminasi apapun, karena kedepan mereka yang terpilih memiliki tugas untuk mengkondisikan semua tugas pemerintahan,” tandasnya. (S-20)