AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku Anos Yermias, mendesak pemerintah provinsi terus untuk memperjuangkan penanganan ruas jalan lingkar Pulau Nusalaut ke pemerintah pusat.

Pasalnya, ruas jalan lingkar Pulau Nusalaut sampai saat ini belum dapat ditangani oleh Pemerintah Provinsi Maluku. Salah satu penyebab ruas jalan lingkar Pulau Nusalaut belum dapat ditangani yakni terkait kemampuan keuangan daerah yang tidak mampu.

“Untuk ruas jalan lingkar Pulau Nusalaut memang belum ditangani seluruh, kenapa karena keuangan daerah tidak mampu dengan beban pemda yang harus membayar hutang kepada PT SMI,” ujar Anos kepada Siwalimanews melalui pesan WhatsApp, Senin (12/2).

Menurutnya, jika Pemerintah Provinsi ingin ruas jalan ini ditangani, maka solusinya hanya memperjuangkan penanganan ruas jalan ini ke pemerintah pusat agar ditangani dengan APBN. Jika berharap pada APBD, maka sampai kapanpun ruas jalan sepanjang 24.8 kilometer tidak dapat ditangani hingga tuntas.

“Ruas jalan Nusalaut ini sampai ayam tumbuh gigi kalau tidak diintervensi pusat susah, jadi Pemerintah Daerah harus memperjuangkan ke pusat,” tegasnya.

Baca Juga: H-2, Sebagian Besar Pemilih Belum Terima Undangan

Anos juga meminta pemerintah provinsi untuk legowo mengusulkan ruas-ruas jalan yang menjadi kewenangan provinsi untuk mendapatkan atensi pemerintah pusat.(S-20)