MEREALISASIKAN instruksi Penjabat Bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa, Pemerintah Negeri Assilulu, Kecamatan Leihitu, menyerahkan sebanyak 222 paket kebutuhan pokok kepada kaum dhuafa (anak Yatim, Yatim Piatu, Janda dan Lansia).

Penyerahan itu berlangsung di Kantor Negeri setempat beberapa waktu lalu. Kepala Pemerintah Negeri Assilulu,  Risad Fahlefi Ely mengatakan, bantuan yang diserahkan merupakan hasil dari perubahan APBNeg 2023 sebagai mana instruksi Penjabat Bupati.

Ely mengatakan, ia dan jajaran serta masyarakat mengapresiasi Penjabat Bupati karena telah mengeluarkan kebijakan bantu kaum dhuafa sebagai salah satu instrumen menekan angka kemiskinan ekstrem di Assilulu.

“Masyarakat mengapresiasi pemberian bantuan ini. Dan ini merupakan komimten pemerintah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujar Fahlefi.

Fahlefi menjelaskan, dalam 222 paket kebutuhan pokok itu, didalamnya terdapat beras, minyak kelapa, susu, telur, terigu dan daun teh dengan total anggaran sebesar Rp197.175.000.

Baca Juga: Bupati Minta Semua Pihak Gotong Royong Jaga Inflasi

Seperti diketahui, Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa telah melaunching Program Santunan Dhuafa di Baileo Ir. Soekarno Masohi, Senin 4 Desember 2023.

Dana untuk kaum dhuafa itu bersumber dari dana sharing APBD-APB Negeri, Baznas hingga dompet Siafa yang diluncurkan Sahubawa september lalu.

Dan santunan yang diberikan untuk tiga bulan dari Oktober, November dan Desember 2023.

Mereka yang mendapat santunan dhuafa per bulan bervariatif, ada yang 200, hingga 250 ribu rupiah dalam bentuk kebutuhan pokok.

Sahubawa menyebut, santunan dhuafa sebagai salah satu instrumen pemerintah dalam menekan angka kemiskinan terutama kemiskinan ekstrem di Maluku Tengah. (S-17)