AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Pemuda dan Olahraga mengusulkan pembangunan sirkuit balap, ke pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon Rustam Simanjuntak mengaku, selain sirkuit balap, pihaknya juga mengusul untuk pembangunan bumi perkemahan dan gedung olahraga atau GOR.

“Terkait dengan usulan tersebut, saya telah bertemu staf khusus Menpora bapak Veno Tetelepta dan saya dorong melalui beliau, sehingga ada koordinasi antara Kemenpora dan Kementerian PUPR dalam hal ini Direktur Prasarana Strategis yang menangani pembangunan GOR,” ungkap Simanjuntak kepada wartawan di Balai kota, Jumat (8/3).

Usulan pembangunan tersebut kata Rustam, telah disampaikan sejak Bulan September 2023 lalu, dengan harapan akan mulai dikerjakan dalam tahun ini.

“Selain ke Kemenpora dan PUPR, kami juga sudah disampaikan ke Bappenas dan Komisi X DPR selaku mitra Kemenpora,” ujarnya.

Baca Juga: Diduga, Terjadi Pergeseran Suara Partai di Internal PKS

Alasan pengusulan pembangunan sirkuit balap ini kata Simanjuntak, untuk meminimalisir terjadi balap liar di jalanan umum yang seringkali memakan korban jiwa. Sedangkan untuk bumi perkemehan yang berlokasi di Negeri Tawiri, juga akan difungsikan sebagai tempat nongkrong dan sentra UMKM bagi anak muda di Kota Ambon.

“Untuk GOR akan dipergunakan bagi masyarakat umum, bukan untuk disewakan, sebab ini merupakan bagian dari pengembangan olahraga di Kota Ambon,”  ucapnya.

Selain pembangunan infrastruktur tersebut, Simanjuntak juga mengaku, pihaknya telah mengusulkan permohonan bantuan mobil operasional untuk Dispora.

Terkait semua usulan tersebutM telah mendapat restu dan dukungan dari penjabat Walikota Ambon, Bodewin M Watimena yang telah mengarahkan agar Dispora dapat melaksanakan program dan kegiatan yang dapat dinikmati dan memberi manfaat kepada masyarakat luas.(S-29)