AMBON, Siwalimanews- Keinginan warga Kota Ambon untuk mendapatkan kepastian pelayanan public yang maksimal bagi masyarakat dipastikan akan terwujud.

Pasalnya, Pemkot Ambon memastikan janji dibangunnya mall pelayanan publik akan segera terwujud, hal itu terbukti dimana, Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena melakukan peletakan batu pertama pembangunan mall tersebut, Rabu (20/3) di lantai 4 pusat perbelanjaan Ambon Plaza.

Peletakan batu pertama itu  dihadiri oleh founder PT Modern Group Sony Waplau selaku pengelola Ambon Plaza, pimpinan forkompimda serta pimpinan OPD di Lingkup Pemkot Ambon.

Walikota pada kesmepatan itu mengatakan, peletakkan batu pertama pembangunan mall pelayanan publik Pemkot Ambon merupakan salah satu langkah maju yang sementara dilakukan untuk memberikan kepastian pelayanan publik yang maksimal bagi masyarakat.

“Ini merupakan bentuk komitmen dari Pemkot Ambon untuk memberikan kepastian pelayanan public, yang mana, dengan harapan bahwa kehadiran mall ini akan semakin mempermudah masyarakat untuk melakukan pengurusan perizinan maupun non perizinan yang terintegrasi pada satu lokasi,” ujar walikota.

Baca Juga: Bawaslu Diingatkan Jaga Integritas, Pidana Pemilu itu Nyata

Kehadiran mall tersebut kata walikota, akan memberikan manfaat yang positif bagi pemerintah maupun masyarakat, yang mana hal itu dapat memberikan efisiensi waktu bagi masyarakat, karena perizinan hanya disatu tempat.

Tidak hanya itu, walikota juga optimis, dengan adanya kehadiran mall itu nantinya, pelayanan publik akan berjalan secara transparan dan terhidar dari resiko-resiko pungli maupun KKN.

“Pengurusan izin maupun non perizinan  semua dipusatkan disini. Manfaatnya ialah, yang pertama dari sisi waktu efisiensi dan efektifitas, masyarakat sangat terbantu kemudian pemerintah kota juga bisa melakukan tugas tanggungjawab pelayanan publiknya dengan baik,” ucap walikota.

Dalam pembangunan mall ini menurut walikota, PT Modern Group selaku kontraktor, yang mana tanggungjawab itu diberikan kepada perusahaan ini lantaran menjadi pemenang dalam lelang perpajangan pengelolaan Ambon Plaza selama 30 tahun kedepan.

“PT Modern Group merupakan pemenang dalam lelang perpanjangan pengelolaan Amplaz selama 30 tahun kedepan, yang kemudian dalam kewajibannya perusahaan ini membangun mall pelayanan publik karena sudah menjadi kewajiban dalam lelang, “jelas walikota.

Founder Modern Group Sonny Waplau menambahkan, pihaknya berterimakasih kepada Pemkot Ambon yang memberikan kepercayaan bagi pihaknya untuk mengelola Ambon Plaza selama 30 tahun kedepan. Pihaknya juga akan berupaya semaksimal mungkin untuk membangun mall pelayanan publik dengan baik.

“Selaku pemenang dalam lelang pengelolaan Amplaz selama 30 tahun kedepan terhitung dari tahun 2023, maka sudah tentu kami akan berupaya maksimal baik itu untuk revitalisasi Ambon Plaza maupun pembangunan mall pelayanan publik,” ujar Waplau.

Waplau memperkirakan, proses pembangunan mall ini dapat diselesaikan paling cepat di akhir tahun  ini.

“Untuk anggaran pembangunan sendiri menjadi rahasia perusahaan kami. Tapi kalau untuk target penyelesaian mungkin akhir tahun ini bisa selesai, kalau lewat sedikit juga tidak apa-apa yah,’ tutur Waplau.(S-29)