AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon (Pemkot) berhati-hati dalam memverifikasi berkas Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Verifikasi berkas pelamar masih dilakukan dan karena seleksi PPPK ini baru di Kota Ambon, makanya prosesnya kita lakukan sangat hati-hati,” ungkap Kepala Badan.

Dikatakan, proses detail dan serba hati-hati dalam melakukan verifikasi berkas, perlu dilakukan pihaknya. Sebab, ada persyaratan dari Pemerintah Pusat juga yang harus dipenuhi pelamar.

“Begitu pula persyaratan daerah, yang sama sekali tidak melangkahi persyaratan pusat. Tapi kalau mau dilihat, hampir 98 persen pelamar di PPPK untuk tenaga guru dan kesehatan itu, memenuhi persyaratan, “ terangnya.

Dirinya mengaku, mengenai berapa banyak pelamar yang lolos pada seleksi administrasi, hasilnya baru bisa diketahui secara detail, setelah verifikasi selesai dilakukan oleh Pemkot Ambon, paling lambat Sabtu (14/8) mendatang.

Baca Juga: Keistimewaan Banda Terungkap dalam Festival Hatta-Sjahrir 2021

“Paling lambat Sabtu sudah kita umumkan. Tetapi paling tidak masing-masing pelamar, sudah bisa mengetahui dia lulus verifikasi atau tidak, sebab hasil seleksi administrasi sebelumnya sudah kita upload, “ paparnya.

Kata dia, seleksi CPNS dan PPPK tahun 2021, dilingkungan Pemerintah Kota Ambon memiliki peminat yang terbilang sangat banyak. “Bahkan untuk pelamar umum itu sangat banyak, walaupun formasinya sedikit, “ tandasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota Ambon, mendapatkan 387 formasi untuk CPNS dan PPPK 2021 ini, dan lebih banyak didominasi oleh guru Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Dari 387 formasi tersebut, 56 diantaranya untuk tenaga umum dan teknis, 225 guru SMP, dan 37 Guru SD. Yang paling sedikit untuk penerimaan CPNS 2021 hanya formasi guru SD. (S-52)